Pelabuhan Benoa Sukses Layani Turn Around 4.400 Penumpang Cruise Celebrity Millenium

Kapal Pesiar/Cruise Regatta di Pelabuhan Benoa, Bali. (dok. pelindo)

Pelabuhan Benoa, Bali sukses melayani turn around atau naik turun penumpang kapal pesiar Celebrity Millenium.

Kapal pesiar berbendera Malta tersebut membawa 4.400 penumpang naik turun kapal (turn around).

Kegiatan ini menjadi salah satu capaian membanggakan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), khususnya Pelabuhan Benoa dan BMTH sebagai pintu masuk wisata jalur laut di  Indonesia.

Proses turn around kapal pesiar Celebrity Millenium berlangsung selama tiga jam, mulai dari pukul 10.00 Wita hingga 13.00 WITA.

Total sebanyak 5.200 penumpang dan awak kapal berhasil dilayani dalam proses turn around tersebut.

Beberapa persiapan dilakukan guna meperlancar proses di antaranya penyiapan handling luggage, penyedian gangway mekanikal dan teleskopik, alur check in tiket penumpang hingga proses Imigrasi.

Selama proses tersebut, Pelabuhan Benoa dibantu oleh dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Imigrasi, Bea Cukai, serta instansi terkait lainnya hingga agen kapal.

Baca juga :   Kemenparekraf Inisiasi Deklarasi Bersama Pengelola Taman Rekreasi

Karlinda Sari, Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 mengatakan, kegiatan turn around atau embarakasi dan dembarkasi penumpang cruise ini merupakan moment penting bagi Pelindo, khususnya Pelabuhan Benoa.

Hal ini menegaskan bahwa Bali tidak hanya sekedar rujukan wisata cruise, tapi juga sebagai tempat pemberangkatan wisawatan asing.

“Proses turn around kapal pesiar Celebrity Millenium berjalan lancar dan aman, terutama handling luggage. Ini merupakan bukti bahwa Pelabuhan Benoa siap melayani kapal pesiar berskala internasional,” ujar Karlinda.

Kapal Cruise Celebrity Millenium sandar pada pukul 05.00 WITA dan berangkat dari Pelabuhan Benoa menuju Singapura pada pukul 16.00 WITA.

Kapal berbobot 91.011 GT tersebut menurunkan sebanyak 2.081 penumpang dan menaikan 2.300 penumpang kapal cruise.

Karlinda menambahkan, selain kapal Celebrity Millenium, Pelabuhan Benoa sehari sebelumnya juga telah menyandarkan Cruise Regatta, sehingga hari ini terdapat dua cruise yang sandar bersama di Pelabuhan Benoa.

Baca juga :   Kemenparekraf Targetkan 3,6 juta Wisman pada Tahun 2022

“Tidak hanya sukses melayani proses embarkasi dan dembarkasi 4.400 penumpang cruise bersamaan, kami juga sukses melayani sandar dua kapal bersamaan di Pelabuhan Benoa. Meskipun bukan pertama kali namun cukup bangga dengan capaian tersebut,” jelasnya.

Pada tahun 2023, Pelabuhan Benoa telah melayani 48 kapal pesiar dengan total 77.864  penumpang.

Bahkan, Pelabuhan Benoa telah menerima cruise call 52 kapal pesiar dengan total 89.400 penumpang pada tahun 2024. B

Komentar