Menhub Cek Infrastruktur Transportasi Jabar Jelang Arus Mudik Lebaran 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan cek kesiapan infrastruktur transportasi menjelang arus mudik Lebaran 2024 di beberapa lokasi di Jawa Barat. (dok. kemenhub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan cek kesiapan infrastruktur transportasi menjelang arus mudik Lebaran 2024 di beberapa lokasi di Provinsi Jawa Barat (Jabar), Sabtu (9/3/2024).

Sejumlah infrastruktur yang ditinjau adalah Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Jalan Tol Cisumdawu dan Jalan Tol Cipali, serta Stasiun Kereta Api (KA) Cirebon.

“Saya ingin memastikan infrastruktur dan pelayanan di semua moda transportasi telah siap untuk menghadapi pergerakan masyarakat pada arus mudik Lebaran nanti,” ujar Menhub.

Dalam peninjauan tersebut, Budi Karya menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam pelaksanaan arus mudik.

Menurut Menhub, untuk memastikan kelancaran arus mudik, perlu koordinasi dan kolaborasi mulai dari Kemenhub, Korlantas Polri, Pemerintah Daerah, Jasa Marga, Angkasa Pura, PT KAI, dan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait lainnya.

Baca juga :   Jelang Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 Ditjen Hubla Gelar Rakor Terkait

“Instruksi Presiden, mudik harus lancar, aman, dan nyaman. Karenanya perlu kolaborasi dengan berbagai pihak, meskipun dalam hal ini Kemenhub jadi leading sector. Sejauh ini, kolaborasi kami berjalan baik dengan stakeholder terkait,” jelasnya.

Lebih lanjut, Menhub mengimbau masyarakat yang ingin mudik agar mempersiapkan diri dengan baik dan jika memungkinkan melakukan mudik lebih awal.

Dalam kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyatakan, dirinya bersama Menhub ingin memastikan bahwa titik-titik krusial di Jabar yang berpotensi macet dan terjadi kecelakaan, seperti di Jalan Tol Cisumdawu, Jal Tol Cipali km 152 dan km 188, dapat dikelola dengan baik saat arus mudik.

“Dengan begitu, arus lalu lintas di titik-titik tersebut diharapkan bisa lancar dan angka kecelakaan dapat ditekan,” tegasnya.

Baca juga :   Indonesia-Brunei Darussalam Buka Peluang Tingkatkan Kapasitas SDM Parekraf

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Triono Junoasmono, perwakilan PT Jasa Marga, PT Angkasa Pura II, dan PT KAI. B

Komentar