Lions Clubs Distrik 307A1, Zona 1B Dan Mitra Gelar Baksos 200 Test Screening Diabetes

Pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) 200 Test Screening Diabetes di Hotel Amos Cozy Melawai, Jakarta Selatan, Jumat (25/3/2022). (Bandara).
Bagikan

Lions Clubs Distrik 307A1, Zona 1B bersama Hotel Amos Cozy Melawai dan Yayasan Membangun Generasi Tulus Berkarya, Wings Group, serta sejumlah mitra melakukan Bakti Sosial (Baksos) 200 Test Screening Diabetes.

Menurut Yuya, Person In Charge (PIC) Lions Clubs Distrik 307A1, Zona 1 B, kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerja sama antara lima Club di Zona 1B dengan beberapa mitra, tak hanya untuk tes screening diabetes, tapi juga donor darah.

“Bahkan, kami juga membagian masker, vitamin C, nasi kota untuk sebanyak 200 paket dengan sasaran masyarakat ojol, supir taxi maupun pedagang asongan,” katanya di sela-sela pelaksanaan baksos di Hotel Amos Cozy, Jakarta Selatan, Jumat (25/3/2022).

Yuya menjelaskan, tujuan kegiatan screening diabetes dan donor darah ini adalah untuk membantu masyarakat mendeteksi diabetes lebih dini, serta menambahkan stok kantong darah di masa pandemi Covid-19.

Baca juga :   Pemerintah Operasionalkan Lagi Tiga Bandara Layani Penerbangan Internasional

Kegiatan ini juga didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dan 50% dari kantong darah yang terkumpul akan diberikan ke Yayasan Thalassemia untuk para penderita kelainan darah yang membutuhkan transfusi darah secara rutin.

Hadir pada acara tersebut PDG Wang Tjie Hoa, Ketua Komite Donor Darah Dina Khatrinaini dan Duta Thalassemia Adam Jagwani.

Saat ini, kata Khoe Ribka, pemilik Hotel Amos Cozy Melawai, sudah tercapai 300 test screening diabetes dan bergarap secara keseluruhan bisa tercapai 10.000 test untuk memeriksa kesehatan masyarakat agar tidak terkena penyakit diabetes.

“Ketika test screening diabetes ini juga diadakan testimoni dan penjelasan mengenai penyakit diabetes, dengan menghadirkan beberapa pasien diabetes,” katanya di sela-sela Test Screening Diabetes yang diadakan di Hotel Amos Cozy Melawai, Jakarta Selatan pada Jumat (25/3/2022).

Baca juga :   Kemenhub Evaluasi Kedatangan Internasional Dan Domestik Di Bandara I Gusti Ngurah Rai
Bersama peserta tes screening diabetes. (Bandara)

Tes diabetes ini adalah prosedur pemeriksaan untuk mengetahui kadar gula (glukosa) dalam darah.

Dari hasil pemeriksaan, dokter akan menetapkan diagnosis mengidap penyakit diabetes atau tidak. Selain untuk menetapkan diagnosis diabetes, ada beberapa macam tes gula darah yang bisa dilakukan, dengan tujuannya masing-masing.

Tujuan utama tes diabetes adalah memeriksa kadar gula darah seseorang, dan menetapkan diagnosis. Tes ini terutama direkomendasikan untuk orang yang mengalami gejala diabetes, tapi belum pernah terdiagnosis.

Sementara itu, bagi pengidap diabetes, tes ini diperlukan untuk memantau kadar gula darah, serta menentukan obat dan dosis yang sesuai dengan kondisi. B

 

Komentar

Bagikan