Kereta Panoramic Diminati Pelanggan di Weekend Pertama Februari

Kereta Panoramic siap berangkat. (dok. kai.id)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan Kereta Panoramic pada Februari 2023 usai terakhir beroperasi pada 8 Januari 2023 di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru.

Pada Februari ini, Kereta Panoramic beroperasi pada Jumat dan Minggu.

Rinciannya, pada 3, 10, 17, dan 24 Februari 2023, Kereta Panoramic dirangkaikan pada KA Argo Parahyangan (nomor KA 44) relasi Gambir-Bandung dan pada KA Argo Wilis (nomor KA 6) relasi Bandung-Surabaya Gubeng.

Adapun di 5, 12, 19, dan 26 Februari 2023, Kereta Panoramic disambungkan dengan KA Argo Parahyangan (nomor KA 51) relasi Bandung-Gambir dan KA Argo Wilis (nomor KA 5) relasi Surabaya Gubeng-Bandung.

Selama dua hari dioperasikan, yakni 3 Februari dan 5 Februari 2023, total terdapat 163 penumpang Kereta Panoramic dengan okupansi mencapai 107%, dengan 7% merupakan penumpang dinamis (penumpang turun naik di stasiun antara).

Detailnya adalah Kereta Panoramic Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung sebanyak 38 penumpang, Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng sebanyak 45 penumpang.

Baca juga :   Bandara Liwur Bunga Jadi Akses Udara Ke Larat

Kereta Panoramic Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir sebanyak 38 penumpang, Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng-Bandung 42 penumpang.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menyatakan, KAI melihat antusiasme masyarakat yang tinggi menikmati Kereta Panoramic, karena dapat melihat keindahan jalur selatan kereta api Pulau Jawa yang terkenal dengan pemandangan eksotis, berkelok dan melintasi jembatan-jembatan serta terowongan.

“Oleh karena itu, KAI kembali mengoperasikan Kereta Panoramic untuk memberikan pengalaman yang berbeda dalam menikmati layanan kereta api,” ungkapnya.

Menurut Joni, sebelum dioperasikan kembali pada Februari ini, KAI telah melakukan evaluasi dan perbaikan fasilitas Kereta Panoramic.

Kini, Kereta Panoramic hanya memiliki 38 kursi dari yang sebelumnya 46 kursi dan menghilangkan kursi di baris 1 dan 12 untuk memberikan keleluasaan bagi pelanggan menikmati pemandangan.

Baca juga :   Commuter Line Jabodetabek Layani 11 Juta Lebih Pengguna Hingga Hari Ke-14 Ramadan

Selain itu, KAI juga menambahkan pantry yang elegan bagi pelanggan yang ingin menikmati snack dan minuman gratis.

Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan.

Melihat pemandangan alam yang indah melalui jendela Kereta Panoramic yang sangat besar menjadi salah satu nilai tambah bepergian menggunakan kereta ini.

Penumpang juga tidak perlu ragu untuk naik Kereta Panoramic, karena kaca Kereta Panoramic didesain khusus untuk tahan pecahan dan panas.

Kaca Kereta Panoramic menggunakan tipe duplex tempered, yang jika kaca terkena benda asing tidak akan membahayakan penumpang yang di dalam karena kaca tersebut tidak mudah berlubang.

Saat ini, pengelolaan Kereta Panoramic dilakukan oleh anak usaha KAI, yaitu KAI Wisata. “KAI Group akan terus melakukan evaluasi pada layanan Kereta Panoramic agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan.” B

 

Komentar