Kepala BPSDMP Tekankan Kerja Keras dan Dedikasi untuk Kontribusi Kemajuan Maritim Indonesia

Upacara Wisuda Perwira Transportasi Laut Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya XLIX Tahun 2023 pada Senin (18/9/2023). (dok. bpsdmperhubungan)

Para lulusan Perwira Transportasi Laut harus berkomitmen untuk menjaga lingkungan laut, mengurangi dampak negatif dan mendukung pelayaran yang berkelanjutan dengan memprioritaskan pratik ramah lingkungan, serta menjadi teladan dan menciptakan perubahan positif dalam industri maritim.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono saat memimpin Upacara Wisuda Perwira Transportasi Laut Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya XLIX Tahun 2023 pada Senin (18/9/2023).

Sesuai dengan tema yang diusung pada wisuda kali ini, yaitu The Competent Indonesian Seafarers are Committed to Protecting the Marine Environment and Sustainable Shipping towards Developed Indonesia, Kepala BPSDMP menyatarakan, dibutuhkan tekad, dedikasi dan peran besar para lulusan perguruan tinggi matra laut di lingkungan BPSDMP dalam menjaga lingkungan laut dan mengembangkan sektor maritim Indonesia.

“Ini adalah tanggung jawab yang besar, Kalian akan menjadi tulang punggung dalam industri maritim yang semakin maju dan jadilah pahlawan lingkungan yang menjaga lingkungan laut,” jelasnya.

Baca juga :   Plt Wali Kota Bekasi Ajak Cinta Tanah Air Siswa SMK KBM 1 dan 2 Padurenan

Djoko menjelaskan bahwa dengan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi yang didapat selama menjalani pendidikan di Poltekpel Surabaya, para lulusan harus mendedikasikan diri sepenuhnya untuk memajukan industri maritim Indonesia.

“Kalian harus menjadi pelaut yang mengutamakan praktik ramah lingkungan dalam segala aspek pekerjaan, dan secara aktif berkontribusi untuk melindungi laut. Sambutlah tantangan dan siap memimpin Indonesia menuju pelayaran yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengingatkan saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh diatas 5% dan diperkirakan Indonesia pada tahun 2045 akan menjadi empat raksasa ekonomi dunia bersama dengan China, Amerika dan India.

“Pertumbuhan ekonomi ini identik dengan kegiatan investasi dan ekspor, dimana salah satu unsur penting dalam kegiatan ekspor adalah transportasi,” ujarnya.

Artinya, Djoko menegaskan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kita mengandalkan pelaut-pelaut yang hebat dengan cara bekerja keras dan beyond your limit.

Dia menyampaikan selamat kepada para wisudawan beserta keluarga atas pencapaian para wisudawan dalam menyelesaikan pendidikan program sarjana terapan dan Diploma III.

Baca juga :   PT Dirgantara Indonesia Gelar Factory Tour untuk Pelajar dan Umum

“Selamat kepada para wisudawan atas kesuksesan kalian hari ini. Semoga kalian semua dapat meraih keberhasilan yang lebih besar lagi di masa depan dan dapat menjadi inspirasi bagi generasi yang akan datang. Teruslah berjuang dan berkarya untuk bangsa dan negara Indonesia,” tutur Kepala BPSDMP.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Poltekpel Surabaya Heru Widada dalam laporannya menyampaikan, para Perwira Transportasi Laut angkatan 49 tahun 2023 yang diwisuda kali ini sebanyak 233 orang yang merupakan lulusan Sarjana Terapan.

Para lulusan terdiri dari Teknologi Rekayasa Operasi Kapal sebanyak 43 orang, Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal sebanyak 36 orang, Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal sebanyak 27 orang dan Transportasi Laut sebanyak 86 orang dan untuk lulusan Diploma III terdiri dari Program Nautika sebanyak 10 orang, Teknika sebanyak 14 orang, dan Elektro Pelayaran sebanyak 17 orang. B

Komentar