Kemenparekraf Dorong Pemda Perkuat Kolaborasi Kembangkan Destinasi Wisata

Turis mancanegara memilih dan berbelanja barang kerajinan di salah satu toko di Bali. (dok. kemenparekraf.go.id)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong agar pemerintah daerah (pemda) memperkuat kolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mengembangkan potensi pariwisata yang ada di daerahnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, upaya lainnya adalan dengan mempromosikan destinasi tersebut melalui pelaksanaan event.

“Terkait pembangunan infrastruktur dasar, pemda diharapkan berkolaborasi dengan Kemenparekraf dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun infrastruktur-infrastruktur dasar di daerah yang pendanaannya telah disiapkan oleh Kementerian Keuangan sebesar Rp32 triliun,” katanya dalam KolaborAksi Regional 1&2 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Sandiaga menjelaskan, sudah ada instruksi Presiden dan pendanaan dari Kementerian Keuangan jumlahnya Rp32 triliun untuk membangun infrastruktur dasar yang ada hubungan dengan pusat produksi, pariwisata dan juga infrastruktur yang berhubungan dengan perhubungan.

Baca juga :   Kemenparekraf Dukung Batik Lasem Jadi Suvenir bagi Pendamping Peserta TWG G20

“Jadi jika Bapak/Ibu ingin agar akses menuju destinasi wisata di daerahnya, pembangunannya dapat diprioritaskan, silakan bersurat ditujukan ke saya dan ke Menteri PUPR,” jelasnya.

Selain itu, Sandiaga juga mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana-sarana amenitas berbasis ecotourism dan atraksi-atraksi di daerah melalui pelaksanaan event.

“Saya ingin mendorong pemerintah daerah menghadirkan event-event yang menarik dan berkualitas. Jadi, event ini menjadi media promosi dari potensi wisata yang ada di daerah masing-masing,” ungkapnya.

Dalam pertemuan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Direktur Pemasaran Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf Dwi Marhen Yono, Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf Itok Parikesit dan Sesdep Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Oneng Setiaharini.

Adapun perwakilan pemerintah daerah yang hadir dalam kegiatan ini adalah perwakilan dari Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Batubara, Kabupaten Subang, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Flores Timur. B

Komentar