Kemenhub Minta Dukungan Pemkot Medan Tertibkan Terminal Bayangan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Tipe A Amplas bersama dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution, Sabtu (24/9/2022). (dok. dephub.go.id)
Bagikan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, TNI/Polri, dan unsur terkait lainnya untuk menertibkan bus-bus yang masih menggunakan terminal bayangan atau pool-pool yang dimiliki di luar Terminal Tipe A Amplas, di Medan, Sumatra Utara.

“Kita telah membangun Terminal Tipe A Amplas yang menurut saya salah satu terminal terbaik di Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan bandara. Ini menjadi pusat integrasi antarmoda,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Tipe A Amplas bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution, Sabtu (24/9/2022).

Untuk itu, lanjut Menhub, pihaknya memohon dukungan Wali Kota dan Dandim untuk melakukan penegakkan hukum bagi operator bus yang melakukan kegiatan di luar terminal.

Menhub menjelaskan, pemerintah ingin memastikan pembangunan infrastruktur yang dilakukan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Terminal ini akan berfungsi dengan baik apabila semua bus-busnya pindah ke sini. Di dalam terminal lebih tertata dengan baik dan nyaman, ada bus antarkota dan angkutan dalam kota. Dibandingkan di luar terminal, penumpang harus lari-lari dan macet,” katanya.

Baca juga :   Kemenhub Tingkatkan Kapasitas SDM Dalam Pengembangan Pelabuhan

Lebih lanjut, Menhub meminta jajaran Ditjen Perhubungan Darat bersama Pemkot Medan dan unsur terkait melakukan pertemuan secara berkala untuk memastikan penegakkan hukum dijalankan dan fungsi dari terminal menjadi lebih optimal.

Terkait dengan pelibatan pelaku UMKM untuk menempati area komersial di area terminal, Menhub meminta pengelola terminal dapat mengurasi dengan baik produk-produk lokal yang berkualitas.

“Di Medan ada kuliner mie atau kopi yang enak, yang nanti bisa menempati area komersial di sini,” jelas Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Medan Bobby menyatakan, pemindahan bus-bus ke Terminal Tipe A Amplas ini menjadi pekerjaan rumah bersama yang harus diselesaikan.

“Fasilitas yang ada di terminal ini sudah lengkap, ada tempat pemberhentian, area tunggu, bengkel, dan fasilitas pendukung, seperti kuliner, tempat berkumpul, dan sebagainya. Mudah-mudahan akhir tahun 2022 pembangunannya sudah selesai dan bisa dioperasikan,” ungkapnya.

Baca juga :   Citilink Kembali Operasikan Rute Penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur

Di Terminal Tipe A Amplas sedang dilakukan revitalisasi tiga tahap mulai tahun 2020, dan ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2022.

Terminal Tipe A Amplas akan menerapkan konsep mixed use, sehingga terintegrasi dengan pusat kegiatan ekonomi masyarakat, seperti mal, hotel, apartemen, dan food court.

Hingga 18 September 2022, progres pembangunannya telah mencapai 92,602%, dengan fasilitas tersedia antara lain gedung terminal, mess pegawai, tempat istirahat sopir, lahan parkir, serta tenant untuk mendukung UMKM.

Turut hadir pada peninjauan tersebut Direktur Prasarana Transportasi Jalan Popik Montanasyah, Kepala BPTD Wilayah II Provinsi Sumut Batara, dan Koordinator Satpel Terminal Tipe A Amplas Edi Murpi. B

Komentar

Bagikan