Kaum Perempuan Harus Tingkatkan Perannya di Sektor Parekraf

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan inisiasi dalam acara “Friendly Dialogue and Networking: Women Empowerment on Economy and Tourism (W20 Summit)" di The Kaldera, Toba, Sumatra Utara, Rabu (20/7/2022). (dok. kemenparekraf.go.id)
Bagikan

Kaum perempuan harus dapat meningkatkan peranannya dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di tanah air.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, pemerintah mengutamakan empowerment perempuan dan keseteraan gender.

“Jadi, perempuan-perempuan hebat dan mandiri harus kita berikan kesempatan dan pemberdayaan,” katanya saat hadir dalam Friendly Dialogue and Networking: Women Empowerment on Economy and Tourism (W20 Summit) di The Kaldera, Toba, Sumatra Utara, Rabu (20/7/2022).

Pada pertemuan tersebut, turut hadir Chair of W20 Indonesia Hadriani Uli Silalahi dan sejumlah tokoh-tokoh perempuan Indonesia.

Sandiaga menyatakan, ada sekitar 55% perempuan yang merupakan pelaku pariwisata di Indonesia, sehingga penguatan perempuan merupakan hal utama untuk membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja.

Baca juga :   AP II Gelar Travelin Fest di Bandara Soekarno-Hatta

“Pada konferensi W20 Summit ini kita harapkan akan ada rekomendasi yang bisa kita bawa ke Bali Guidelines yang menjadi outcome document dalam Tourism Working Group,” ungkapnya.

Selain itu, Sandiaga menuturkan pihaknya akan menghimpun data-data keterlibatan perempuan dalam sektor parekraf, sehingga Kemenparekraf bisa menyusun kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu untuk memperkuat peran serta perempuan dalam pengembangan sektor parekraf.

“Kami juga sangat mendukung kaum perempuan untuk mengoptimalkan penyaluran potensi yang mereka miliki secara penuh dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung dan Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Brigjen TNI Ario Prawiseso.

Baca juga :   Andalkan Desa Wisata untuk Bangkitkan Ekonomi Perdesaan

Selain itu, hadir juga Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Erwita Dianti, dan Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua. B


Bagikan