Kapal Pesiar Terbesar MSC Magnifica Berlabuh di Pelabuhan Benoa

Kapal pesiar MSC Magnifica di Pelabuhan Benoa, Bali, beberapa waktu lalu. (dok. istimewa)

Pelabuhan Benoa Bali telah mencatat sejarah baru dalam layanan kapal cruise di Indonesia.

Pada Selasa, 4 April 2023, Pelabuhan Benoa melayani dua kunjungan kapal dalam waktu bersamaan, yaitu Kapal Motor (KM) Binaiya dan MSC Magnifica yang merupakan kapal cruise terbesar yang pernah sandar di pelabuhan ini.

Keberhasilan Pelabuhan Benoa dalam melayani kedatangan kapal cruise terbesar ini merupakan upaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) untuk dapat memacu semakin banyaknya kapal-kapal serupa yang bersandar di Pelabuhan Benoa.

Jadi, bersandarnya kapal-kapal pesiar tersebut dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi pariwisata di Indonesia khususnya Bali dan sekitarnya.

Kepala KSOP Kelas II Benoa, R. Sadeli mengatakan, MSC Magnifica memiliki bobot 95.128 GT dan panjang mencapai 294 meter, kapal ini membawa sekitar 3.000 penumpang yang akan menikmati keindahan Pulau Bali.

Baca juga :   Kemenparekraf Susun Pedoman Pengembangan Destinasi Pariwisata Aman Bencana

“Pelayanan penyambutan dilakukan dengan tarian adat Bali, seperti Tari Cendrawasih dan penyembahan, serta diiringi oleh gamelan khas Bali untuk menyambut penumpang dan awak kapal,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kehadiran MSC Magnifica menjadi sebuah kebanggaan bagi Pelabuhan Benoa.

Pelabuhan ini berhasil menyiapkan fasilitas dermaga yang dapat menampung kapal berukuran besar tersebut.

“Kehadiran kapal ini juga diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi pariwisata di Bali,” ujarnya.

Kantor KSOP Benoa sebelumnya telah mempersiapkan kedatangan kapal tersebut dengan melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait dan mengatur rencana sandar agar fasilitas dermaga yang ada dapat dimaksimalkan untuk pelayanan kapal berukuran besar itu.

Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan layanan penumpang cruise di Pelabuhan Benoa, PT Pelindo telah menyiapkan sejumlah fasilitas di terminal penumpang, seperti fasilitas money changer, ATM, stand informasi, dan stand UMKM yang menyediakan oleh-oleh, serta cinderamata yang bisa dibeli oleh para wisatawan.

Baca juga :   Horison Sentani Jadi Hotel Ke-9 Milik Horison Hotels Group di Tanah Papua

MSC Magnifica bersandar selama dua hari di Pelabuhan Benoa, sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Singapura.

  1. Sadeli berharap keberhasilan Pelabuhan Benoa Bali dalam melayani kapal-kapal cruise besar, seperti MSC Magnifica dapat menjadi langkah awal untuk mendorong pemulihan ekonomi pariwisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan.

“Pelabuhan Benoa Bali siap untuk terus mengembangkan dan memperluas jangkauan layanan kapal cruise di Indonesia, sehingga dapat menarik minat para wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk menikmati keindahan Pulau Bali dan sekitarnya,” tuturnya. B

Komentar