Kapal Pelni Angkut 5.000 Paket Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Karimunjawa

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat memberikan Paket sembako yang diangkut oleh KM Kelimutu dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jateng, Jumat (30/12/2022). (hubla.dephub.go.id)

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) menyalurkan 5000 paket bantuan sembako untuk penduduk Pulau Karimunjawa.

Paket sembako diangkut menggunakan KM Kelimutu dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (30/12/2022).

Bantuan sembako merupakan inisiatif Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan melibatkan sejumlah stakeholder pelabuhan maupun perusahaan BUMN dan swasta.

Total paket sembako yang terkumpul sebanyak 5.000 paket sembako yang berisi 5 kg beras, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng.

Proses pembuatan bantuan sembako ke atas KM Kelimutu di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani, Direktur PT Pelindo Prasetyo, dan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Lutfi.

Menurut Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani, bantuan sembako digalang oleh KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk membantu masyarakat Karimunjawa yang kekurangan pasokan sembako karena jalur logistik terhambat akibat cuaca buruk.

Baca juga :   Kemenperin Dorong INKA Produksi Gerbong Kereta Api Cepat Jakarta - Surabaya

“Masyarakat Karimunjawa bergantung pada pasokan logistik melalui Semarang yang hanya bisa diakses melalui jalur laut. Kapal Pelni masih dimungkinkan untuk tetap berlayar menghubungkan Karimunjawa dengan Semarang,” kata Anda, begitu dia biasa dipanggil.

KM Kelimutu baru saja selesai menjalankan tugas mengevakuasi 500 wisawatan yang tertahan beberapa hari di Karimunjawa akibat layanan perahu penyerangan menuju Karimunjawa berhenti, karena cuaca buruk. KM Kelimutu mengangkut wisatawan dari Karimunjawa pada Selasa (27/12/2022).

KM Kelimutu memiliki panjang 99 meter, tinggi haluan 9 meter dan bobot 1400 ton.

Kapal tipe 1.000 pax ini regular melayari Surabaya-Sampit-Semarang-Kumai-Semarang-Karimun Jawa (PP), khusus untuk evakuasi wisatawan, kapal dipercepat tiba di Karimun Jawa dari seharus 30 Desember 2022 menjadi maju lebih cepat pada 27 Desember 2022.

Capt. Anwar Noor bertindak sebagai Nakhoda KM Kelimutu dengan membawahi 60 kru kapal.

Penugasan penjemputan wisatawan ini diawali oleh surat permohonan Bupati Jepara kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga :   Pelanggan KA Jarak Jauh yang Belum Booster Wajib Screening Covid-19

Selanjutnya, Kemenhub menugaskan PELNI, yang dengan segera melakukan penyesuaian rute dan jadwal kapal terdekat dari Karimun Jawa.

Terkait bantuan sembako, Anda menambahkan, “Paket sembako dinaikkan ke KM Kelimutu dan akan ditiba di Karimunjawa Sabtu (31/12/2022) dan segera dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Semoga bantuan ini dapat meringankan dan cuaca segera membaik dan akses transportasi kembali normal,” ungkapnya.

PT Pelni sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa pelayaran saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang yang melayani 1.058 ruas dan menyinggahi 76 pelabuhan.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana Kapal Perintis menyinggahi 281 pelabuhan dengan total 3.695 ruas.

Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini Pelni mengoperasikan 10 trayek Tol Laut, serta 1 trayek khusus untuk Kapal Ternak. B

 

 

Komentar