KAI Sediakan Tarif Rendah Untuk Periode Pascalebaran

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka subkelas H, I dan J pada kelas eksekutif untuk penjualan tiket periode pasca Lebaran, yakni hingga 3 Mei 2023.

Subkelas tersebut merupakan subkelas tarif rendah yang biasa KAI jual pada periode bukan peak season.

Pelanggan dapat membeli tiket dengan subkelas H, I dan J melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Contohnya, tarif KA Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Subkelas A pada saat peak season berkisar antara Rp800.000 hingga Rp1.000.000, tapi jika pelanggan membeli pada harga spesial ini, maka subkelas H, I atau J tarifnya berkisar Rp 700ribuan.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI membuka penjualan tiket dengan tarif rendah pada periode balik Lebaran ini untuk memudahkan masyarakat bepergian menggunakan kereta api pada momen arus balik pascalebaran.

Baca juga :   Volume Angkutan Kargo Angkasa Pura Airports Capai 32.819 Ton Pada Mei 2022

“Pembukaan subkelas KAI dengan tarif rendah pada arus balik Lebaran ini juga mendukung himbauan pemerintah agar masyarakat tidak terkonsentrasi melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April,” ungkapnya.

Jumlah tempat duduk kereta api pada periode pascalebaran masih cukup banyak, lanjut Joni  sehingga masyarakat dapat segera memesannya untuk bepergian.

KAI mencatat bahwa pada Lebaran hari pertama dan kedua, peminatnya masih tinggi.

Pada hari pertama dan kedua Lebaran atau 22 dan 23 April 2023, tiket KA Jarak Jauh yang terjual okupansinya mencapai 100% dengan rincian hari pertama Lebaran terjual 138.015 tiket dan hari kedua Lebaran terjual 179.849 tiket.

Okupansi pelanggan KA Jarak Jauh juga tercatat cukup tinggi di pascalebaran.

Baca juga :   Gelar Rakor di Pos Polisi Cikopo Antisipasi Kepadatan Arus Balik

Pada periode H+1 hingga H+3 Lebaran atau 24-26 April, rata-rata tiket KA Jarak Jauh yang terjual mencapai 156.017 tiket dengan rata-rata okupansi mencapai 100%.

Adapun pada periode H+4 hingga H+10 atau 27 April sampai dengan 3 Mei, tiket KA Jarak Jauh masih cukup banyak tersedia.

“Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran ini memiliki berbagai keunggulan dibanding moda transportasi darat lainnya, yaitu bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” tutur Joni. B

Komentar