Kabupaten Mimika Punya Kekayaan Tambang Emas Terbesar Dunia

Kantor BUpati Mimika. (Istimewa)

Kabupaten Mimika adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Timika.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2022, penduduk Kabupaten Mimika berjumlah 312.387 jiwa dengan kepadatan penduduk 14 jiwa/km².

Mimika memiliki topografi yang beragam. Terdapat dataran rendah dengan geografi rawa-rawa dan sungai dengan suku aslinya adalah Suku Kamoro yang terkenal dengan ukirannya, serta wilayah dataran tinggi dengan suku aslinya adalah Suku Amungme.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan kabupaten ini memiliki kekayaan tambang dan mineral yang luar biasa.

“Di Kabupaten Mimika terdapat salah satu tambang emas terbesar di dunia milik PT Freeport Indonesia yang terletak di Distrik Tembagapura,” ujar Eltinus Omaleng.

Baca juga :   Kemenparekraf Gandeng E-Commerce Kembangkan Stimulus BBI Dongkrak Omzet UMKM

Selain itu, lanjutnya, terdapat sebuah bandar udara yaitu Bandara Moses Kilangin yang terletak di Distrik Mimika Baru, serta pelabuhan nasional yakni Pelabuhan Poumako di Distrik Mimika Timur.

Di samping memiliki kekayaan tambang dan mineral, Kabupaten Mimika juga memiliki sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah Taman Nasional Lorentz, Pantai Ipaya, wisata sejarah Keakwa dan Kota Kuala Kencana (perkotaan modern di tengah rimbunnya hutan belantara).

Ada pula Tambang Grasberg yang memiliki kandungan emas dan tembaga terbesar di dunia. Terdapat juga Kali Kyura, Kali Pindah-pindah, Pantai Kampus Biru, Water Boom SP3 serta wisata sosial budaya Suku Kamoro.

Baca juga :   KPLP Siapkan Awak Kapal Negara Patrolinya dengan Keterampilan Menembak

Adapun, untuk kuliner, Pasar Sentral yang terletak di Jalan Hasanudin bisa menjadi pilihan. Saat ini Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika menyulap bagian depan Pasar Sentral menjadi Kawasan Kuliner.

Di kawasan tersebut tersaji berbagai macam aneka makanan dan minuman di lapak-lapak yang berjejer rapi. Tidak hanya itu, kawasan tersebut juga tersedia pasar buah yang ditata rapi. B

Komentar