Indonesia AirAsia Tambah Rute Baru Jakarta – Kota Kinabalu

Maskapai AirAsia dan crew. (dok. newsroom.airasia.com)

Dalam rangka mendorong konektivitas udara dan pariwisata antara Indonesia dan Malaysia, maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi Skytrax, Indonesia AirAsia menambahkan rute internasional terbaru dengan penerbangan langsung Jakarta – Kota Kinabalu pada 6 Februari 2024.

Rute terbaru ini menjadi satu-satunya penerbangan langsung di Indonesia yang menghubungkan Jakarta dengan Kota Kinabalu yang dijuluki Negeri di Bawah Angin, Ibu Kota Sabah, Malaysia.

Menurut Head of Government Relations & Corporate Communications Eddy Krismeidi Soemawilaga, rute internasional terbaru Indonesia AirAsia yang menghubungkan Jakarta menuju Kota Kinabalu merupakan rute internasional pertama di tahun 2024, yang diharapkan menjadi tujuan wisata yang diminati oleh kedua negara.

“Rute Jakarta – Kota Kinabalu ini juga menjadi penerbangan langsung satu-satunya di Indonesia dan sekaligus menandai komitmen Indonesia AirAsia untuk mendukung pemerintah Indonesia dan Malaysia, khususnya negara bagian Sabah dalam meningkatkan konektivitas dan mendorong peningkatan dalam sektor pariwisata,” katanya.

Baca juga :   Kemenhub Dukung Inovasi Maskapai untuk Stabilkan Harga Tiket

Rute baru yang akan dioperasikan oleh Indonesia AirAsia ini menandai rute internasional kelima yang menghubungkan Jakarta ke negara bagian Malaysia di antaranya Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru dan Kuching yang diluncurkan tahun lalu dengan jumlah keterisian 100% untuk penerbangan perdana rute Jakarta – Kuching.

Begitu juga sebaliknya, wisatawan asal Malaysia menduduki peringkat pertama sebagai wisatawan mancanegara terbanyak selama periode Januari – November 2023 yang paling banyak mengunjungi Indonesia dengan total 15,73% atau sebanyak 1,639,254 wisatawan menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Kota Kinabalu memiliki beraneka ragam wisata menarik, khususnya wisata alam seperti gunung dan pantai yang dapat dijelajahi wisatawan.

Baca juga :   Pesawat SAM Air Hilang Kontak di Yalimo Papua Pegunungan

Salah satunya adalah gunung Kinabalu, gunung tertinggi di Malaysia (4.095,2 mdpl) ini, terkenal karena keindahan pemandangannya yang menakjubkan dan kerap menjadi tempat pendakian yang menantang.

Selain itu, destinasi lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Tanjung Aru, Sabah State Museum, Mari Mari Cultural Village, Atkinson Clock Tower, Gaya Street Sunday Market, KK Waterfront, Tanjung Aru Perdana Park dan banyak lagi wisata lainnya.

Indonesia AirAsia rute Jakarta – Kota Kinabalu akan terbang perdana pada 6 Februari 2024 dengan frekuensi sebanyak tiga kali dalam seminggu (Selasa, Kamis dan Sabtu) menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Indonesia AirAsia berkomitmen untuk terus memberikan pilihan terbang ke berbagai destinasi menarik yang bisa dikunjungi untuk memudahkan wisatawan terhubung dengan kota-kota tujuan. B

Komentar