Holding BUMN Pariwisata Dibentuk

0
38
Menteri BUMN Erick Thohir. (Istimewa)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk jajaran direksi dan jajaran komisaris PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) pada Senin (4/10/2021).

Perusahaan ini akan jadi pemimpin Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung. Penetapan jajaran direksi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN No. SK-336/MBU/10/2021, sedangkan penetapan jajaran komisaris berdasarkan SK Menteri BUMN No. SK-337/MBU/10/2021.

Pada surat tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Dony Oskaria sebagai Direktur Utama (Dirut) Aviasi Pariwisata Indonesia.

Sebelumnya, Dony pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) selama Januari 2020-Agustus 2021.

Selain itu, mengangkat Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama (Komut) merangkap Komisaris Independen Aviasi Pariwisata Indonesia.

Baca juga :   Kemenparekraf-BPPD Yogyakarta Kolaborasi Kembangkan Sektor Parekraf

Sebelumnya, Triawan pernah menjadi Komisaris Utama Garuda Indonesia dan memutuskan mundur pada Agustus 2021, serta pernah menjadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Plt Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan mengatakan, penetapan jajaran direksi dan jajaran komisaris Aviasi Pariwisata Indonesia merupakan satu milestone dalam proses pembentukan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung.

Holding tersebut beranggotakan PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), dan PT Sarinah (Persero).

“Aviasi Pariwisata Indonesia akan menjadi pemimpin dari Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang merupakan holding bersifat ekosistem untuk mengintegrasikan berbagai fungsi dalam menunjang sektor pariwisata,” ujar Endra dalam keterangan tertulis, Senin (4/10/2021).

Baca juga :   Wisata Domestik dan Premium Diperkuat Selama Pandemi

Menurutnya, jajaran direksi dan komisaris yang ditunjuk oleh Erick memiliki keahlian, kemampuan, serta pengalaman untuk dapat membangkitkan kembali dan mengoptimalkan sektor pariwisata nasional.

Endra meyakini, peran Aviasi Pariwisata Indonesia sebagai pemimpin holding akan bermanfaat bagi seluruh pelaku di sektor pariwisata.

Holding ini menjadi motor penggerak sektor pariwisata guna memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha,” jelasnya. B


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here