Festival Krakatau 2022 Perkuat Terwujudnya Travel Pattern

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menyaksikan salah satu pertujukan dari Festival Krakatau 2022 di Anjungan Agung Terminal Eksekutif Bakaheuni, Sabtu (27/8/2022). (dok. kemenparekraf.go.id)
Bagikan

Festival Krakatau 2022 yang kembali dilangsungkan setelah terhenti akibat pandemi Covid-19 ini mampu menjadi peluang untuk memperkuat dan menciptakan travel pattern atau pola perjalanan wisata di Provinsi Lampung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi membuka Festival Krakatau 2022 (FK 2022) yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara 2022.

“Ini adalah peluang kita untuk menyiapkan travel pattern dengan penuh experience, konsepnya adalah interpretasi dan storynomics dan kualitas service dengan standar internasional,” ujarnya dalam sambutannya, di Anjungan Agung Terminal Eksekutif Bakaheuni, Sabtu (27/8/2022).

Hal ini dilatarbelakangi dengan kisah yang kuat di balik Festival Krakatau yang telah digelar sejak tahun 1990.

Menurut sejarahnya pada 27 Agustus 1883 terjadi peristiwa letusan atau erupsi Gunung Krakatau yang begitu dahsyat hingga letusannya terdengar hingga ke berbagai belahan dunia.

Baca juga :   Andalkan Desa Wisata untuk Bangkitkan Ekonomi Perdesaan

Oleh karena itu, Festival Krakatau dihadirkan untuk memperingati peristiwa tersebut.

Selain itu, Festival Krakatau menjadi ruang apresiasi dan puncak kreativitas bagi para seniman, budayawan, hingga masyarakat yang ada di Lampung.

Rangkaian utama festival ini adalah penampilan seni budaya, edukasi sejarah Gunung Krakatau, festival kuliner, Pesona Kemilau Krakatau, hingga tour Krakatau.

“Sejarah Gunung Krakatau sangat menarik dan punya keindahan alam di sekitarnya yang didukung dengan budaya asli yang ada di Provinsi Lampung,” ungkap Sandiaga.

Dia menuturkan, adat Pepaduan dan Adat Saibatin merupakan potensi daya tarik wisata yang unik, sehingga Lampung dapat menjadi destinasi wisata yang unggul dan berdaya saing global.

Jadi, Sandiaga menambahkan, target untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2022 bisa diwujudkan. Dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2024.

“Kuncinya adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam semangat 3G, yakni Gercep, gerak cepat, lalu Geber, yakni Gerak Bersama dan Gaspol yaitu garap semua potensi online,” jelasnya.

Baca juga :   Kemenparekraf dan ICCN Bahas Ekraf sebagai Penggerak Pariwisata

Sandiaga mengajak semua pihak untuk bergandeng tangan, karena pemerintahan Presiden Joko Widodo telah melahirkan banyak prestasi tapi banyak juga pekerjaan rumah, salah satunya inflasi.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf beserta jajaran yang mendukung ajang Festival Krakatau ini.

Diketahu sejak pandemi Covis-19 terjadi, seluruh aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif terhenti. Namun, seiring dengan penanganan pandemi yang baik, maka event-event nasional bisa kembali menggeliat.

“Harapannya semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat Lampung,” tuturnya.

Turut hadir Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi. jajaran pemerintah daerah dan perwakilan Forkompimpda Provinsi Lampung. B

Komentar

Bagikan