DKI Jakarta Juara Umum OSN 2023

Siswa-siswi peserta Olimpiade Sains Nasional 2023 (OSN 2023). (dok Puspresnas RI)

Provinsi DKI Jakarta keluar sebagai juara umum Olimpiade Sains Nasional 2023 (OSN 2023) dengan meraih 71 medali.

Siswa perwakilan DKI Jakarta berhasil memboyong sebanyak 17 medali emas, 30 medali perak, dan 24 medali perunggu. Hasil tersebut menjadikan DKI Jakarta keluar sebagai juara umum OSN 2023.

Adapun, peringkat kedua hingga kelima masing-masing diraih oleh Provinsi Jawa Timur, Provinsi Banten, Provinsi DI Yogyakarta dan Provinsi Jawa Barat.

Staf Ahli Mendikbudristek bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin menyampaikan apresiasnya kepada para peraih medali dan berharap mereka bisa jadi inspirasi bagi siswa lainnya.

“Selamat kepada para peraih medali. Semangat, kerja keras, dedikasi dan ketekunan adik-adik meraih mimpi menjadi kenyataan akan menjadi contoh. Tetaplah rendah hati, santun dan kemauan untuk terus berbagi pengetahuan dan pengalaman. Belajar yang terbaik adalah mengajarkannya,” ujarnya, dikutip dari laman Kemdikbud, Minggu (3/9/2023).

Baca juga :   BPSDM Perhubungan Gelar Bon Voyage Gabungan Promosikan Museum Transportasi

Kepada para siswa yang belum berhasil meraih medali, Tatang mengatakan, ajang ini bukan merupakan akhir perjalanan sehingga tidak perlu meruntuhkan semangat untuk terus maju mencapai keberhasilan yang tertunda.

Berikut 5 provinsi peraih medali terbanyak di OSN 2023:

1. Provinsi DKI Jakarta
Medali emas: 17
Medali perak: 30
Medali perunggu: 24

2. Provinsi Jawa Timur
Medali emas: 9
Medali perak: 23
Medali perunggu: 27

3. Provinsi Banten
Medali emas: 9
Medali perak: 18
Medali perunggu: 12

4. Provinsi D.I. Yogyakarta
Medali emas: 7
Medali perak: 4
Medali perunggu: 9

5. Provinsi Jawa Barat
Medali emas: 6
Medali perak: 11
Medali perunggu: 29

OSN 2023 dilaksanakan oleh Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). OSN tahun ini digelar pada tanggal 27 Agustus s.d 2 September 2023.

Baca juga :   Munas Forum Komunikasi Taruna Kemenhub Pertama Digelar

OSN merupakan ajang pengembangan talenta dan kompetensi peserta didik SD, SMP dan SMA pada bidang sains. Penyelenggaraan OSN melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini membuka ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya.

Dari 1.475 peserta OSN 2023 tingkat nasional dari 38 provinsi di Indonesia, 230 di antaranya merupakan peserta jenjang SD/MI, 354 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta pada jenjang SMA/MA. Di samping itu, terdapat 15 peserta dari lima Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yaitu SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Myanmar, SILN Saudi Arabia, dan SILN Den Haag-Belanda. B

Komentar