Daverius Ma’arang Kabandara Baru Sultan Babullah

Kabandara baru di Bandara Sultan Babullah di Ternate, Provinsi Maluku Utara Daverius Ma’arang. (dok. bandara)
Bagikan

Perjalanan tugas menyebrang antarpulau, seperti dari Pulau Sulawesi ke Pulau Kalimantan adalah hal yang biasa bagi Daverius Ma’arang. Bahkan, menjabat sebagai kepala bandar udara (bandara) dimanapun menjadi pengabdian yang wajib dijalaninya.

Sebagai Kepala Bandara (Kabandara) baru di Bandara Sultan Babullah di Ternate, Provinsi Maluku Utara dijalaninya setelah sebelumnya Daverius Ma’arang menjabat sebagai Kabandara Sampit, Kalimantan Timur.

Menurut Daverius, pelonggaran kenijakan perjalanan transportasi udara memberi konsekuensi bagi pengelola bandara, karena dipastikan arus lalu lintas penerbangan akan kembali seperti semula, dipenuhi pebisnis, wisatawan dan masyarakat pada umumnya.

“Sebagai pengelola bandara tentu wajib menerapkan aturan protokol kesehatan yang masih diterapkan, selain menjaga keselamatan penerbangan melalui pelayanan yang optimal kepada pengguna jasa transportasi udara,” katanya.

Baca juga :   AirNav Indonesia Layani 52.871 Pergerakan Pesawat Udara Selama Nataru

Apalagi Bandara Sultan Babullah berfungsi sebagai akses utama ke Provinsi Maluku Utara, dengan arus penumpang dan kargo yang relatif tinggi.

Saat ini, Kota Ternate sedang giat-giatnya membenahi dan meningkatkan sarana infrastruktur yang ada, terutama dalam pengembangan sektor pariwisata dan lokasi Bandara Sultan Babullah mudah dijangkau, karena hanya berjarak kurang lebih enam kilometer, sebelah Utara Kota Ternate.

Untuk jangka panjang, kebijakan pemerintah mengenai rencana pengembangan transportasi udara akan ditujukan bagi pengembangan infrastruktur dan layanan di bandara, yang memungkinkan rute lebih jauh ke dan dari kota tersebut.

Maskapai yang selama ini melayani penerbangan melalui Bandara Sultan Babullah di antaranya makapai Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Wings Air, dengan rute di antaranya dari Jakarta, Ambon, Manado, Makassar.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Dukung Layanan Direct Flight Komoditas Ekspor Makassar-Hongkong

Jenis pesawat yang beroperasi adalah ATR 72-500, ATR 72-600, Boeing 737-500, dan Boeing 727-800, sehingga perlu untuk ditingkatkan kemampuan pelayanannya agar dapat memenuhi permintaan masyarakat serta ikut menunjang pertumbuhan dan perkembangan Kota Ternate. B


Bagikan