Corak dan Motif Induk Baru Batik Khas Kota Bekasi Resmi di Launching

Salah satu corak baru Batik khas Kota Bekasi. (dok. humaskotabekasi)

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Krisman Irwandi menghadiri Launching Corak Baru Batik Kota Bekasi di Lagoon Avenue Mall Bekasi.

Krisman mengatakan, batik mempunyai aset kultur nilai seni yang tinggi, batik tidak sekedar kain yang ditulis dengan menggunakan malem atau jahitan lilin.

“Mula-mula yang ada di batik mempunyai filosofi yang sangat erat dengan budaya dan kearifan lokal untuk masyarakat Blora,” ujarnya.

Menurut Krisman, Batik adalah kebanggaan bangsa Indonesia dan menjdai sebuah identitas yang telah diwarisi oleh para nenek moyang sejak ratusan tahun.

“Pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan apresiasi atas launching corak baru batik Kota Bekasi yang telah diselenggarakan oleh Forum Seniman Bekasi yang juga didukung penuh oleh Pemerintah Kota Bekasi dan Dekranasda,” ungkapnya.

Hal itu, lanjut Krisman, merupakan wujud upaya berinovasi mengembangkan berbagai motif batik Kota Bekasi.

“Dengan adanya berbagai macam motif batik Kota Bekasi yang berkembang perlu diingat juga bahwa keragaman batik harus diimbangi dengan kualitas serta upaya untuk mengekspose serta mempromosikan melalui berbagai media agar lebih dikenal dan mempunyai daya saing di daerah lain,” jelasnya.

Baca juga :   Bali Dipersiapkan Jadi Destinasi Unggulan Health Tourism

Untuk itu, Krisman menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendukung dan terus memasyarakatan batik khas Kota Bekasi disetiap tempat maupun kegiatan.

“Komitmen kami pemerintah untuk terus mengapresiasi kekayaan intelektual seniman kita dan penghargaan tinggi kepada budaya. Di tiap kegiatan maupun tempat kita mendorong untuk memasyarakatkan batik- batik kebanggaan bumi patriot,” tuturnya.

Krisman menegaskan, pada hari ini mungkin sangat bersejarah, dengan cara menghargai hasil karya saudara-saudara kita yang ada di Kota Bekasi.

“Semoga dengan launching batik ini untuk menambah khasanah kekayaan Nusantara, bisa bermanfaat untuk kita semua, bermanfaat untuk teman-teman UMKM, bermanfaat untuk masyarakat, bahwa sudah saatnya kita mengenalkan, ini lho Batik Kota Bekasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Seniman Bekasi Sarkeh dalam sambutannya menyatakan, dalam rangka pengembangan batik di Kota Bekasi dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari promosi, sosialisasi, peningkatan kapasitas perajin, diversifikasi produk serta desain motif batik Khas Kota Bekasi, sehingga mampu bersaing dengan daerah lain.

“Batik Blora yang dilaunching ini merupakan sebuah karya terbaik dari hasil proses lomba desain batik yang telah diselenggarakan dalam upaya menggali ide kreatif dari masyarakat dalam merancang desain yang terus berkelanjutan,” paparnya.

Baca juga :   Menteri Perhubungan : Transportasi Dukung Pemulihan Sektor Pariwisata

Jadi, Sarkeh menambahkan, acara puncak dari kegiatan penggalian ide kreatif tersebut dan sebagai wujud penghormatan terhadap warisan serta hasil karya seni yang terus tumbuh dan berkembang.

Launching ditandai dengan menampilkan fashion show corak baru batik Kota Bekasi di antaranya corak Ikan Gabus, corak Ikan Lele, corak Ikan Bandeng, corak Buah Kecapi, corak Gigi Balang Kota Bekasi, corak Bunga Teleng, corak Burung Sriti, corak Sambar Geledek, dan corak motif Rawa.

Secara bergiliran para model menampilkan karya batik dari sejumlah juara dan karya lainnya dari perajin batik Kota Bekasi serta ditampilkan seni musik sebagai pembuka acara.

Kegiatan yang juga disertai dengan pemberian piagam penghargaan kepada para juara dihadiri oleh Subkor Hubungan Dokumentasi Internal Humas Setda Kota Bekasi Diah Setiyawati, Budayawan Bekasi Bang Khoir, Budayawan Bekasi Kong Guntur, dan Tim Percepatan Pelayanan Publik (TP3) Kota Bekasi. B

 

Komentar