Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Tambah Rute Internasional Thailand dan Pert

Maskapai penerbangan Thai AirAsia tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali. (Istimewa)

Rute internasional reguler yang dilayani oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kembali bertambah dengan beroperasinya kembali rute penerbangan Bangkok-Bali pp dan Pert-Bali pp.

Rute penerbangan dari Bangkok, yang akan berubah nama menjadi Krung Thep Maha Nakhon ini resmi kembali dilayani oleh maskapai penerbangan asal Thailand, Thai AirAsia, pada Selasa (12/4/2022) siang.

Penerbangan perdana rute ini dilayani dengan nomor penerbangan FD396 yang berangkat dari Bandara Don Mueang dengan mengangkut 128 penumpang dan mendarat di runway Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 11.53 WITA setelah menempuh empat jam perjalanan.

Pesawat yang sama kemudian kembali terbang ke Bangkok pada pukul 12.56 WITA dengan mengangkut 29 penumpang dan menggunakan nomor penerbangan FD397.

Menurut jadwal, penerbangan ini akan dilayani dua kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa dan Sabtu.

Sementara itu, rute penerbangan internasional reguler Perth (Australia)-Bali pp dilayani oleh maskapai penerbangan Jetstar.

Penerbangan JQ110 yang landing di Bali pada Jumat (8/4/2022) pukul 11.44 WITA tersebut menjadi tonggak awal kembali beroperasinya rute yang sempat berhenti sejak Maret 2020.

Baca juga :   Penumpang Pesawat Rute Internasional di Bandara Soetta Dibatasi Maksimal 90 Orang

Penerbangan yang mengoperasikan pesawat Boeing A320 tersebut mengangkut sekitar 153 penumpang. Berdasarkan jadwal, penerbangan rute ini akan beroperasi setiap hari.

Pesawat yang sama kemudian kembali mengudara pada pukul 13.10 WITA dengan mengangkut 87 penumpang untuk melayani rute penerbangan Bali-Perth melalui penerbangan dengan nomor JQ109.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menyambut baik aktivitas tersebut. “Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali menambah daftar rute penerbangan internasional reguler. Setelah Perth, ada rute dari dan ke Bangkok kembali beroperasi.”

Menurutnya, sebagai sesama destinasi wisata, berharap dengan terhubungnya kembali kedua kota ini akan semakin meningkatkan minat warga masyarakat dunia untuk kembali berwisata dengan aman dan nyaman, tentunya sesuai dengan protokol kesehatan.

Thailand menjadi negara Asia Tenggara ketiga yang terhubung dengan Bali, setelah sebelumnya Singapura dan Malaysia sudah terlebih dahulu.

“Dari data yang kami peroleh, saat ini ada beberapa maskapai yang telah memperoleh izin rute, serta maskapai yang tengah dalam proses pengaktifan kembali rute penerbangan melalui Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Baca juga :   Bandara Internasional Taoyuan Taiwan Terima Penghargaan Dari AC

Dengan beroperasinya rute ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai kini melayani sembilan rute internasional reguler, yaitu Singapura, Melbourne, Sydney, Tokyo, Kuala Lumpur, Doha, Istanbul, Perth, dan Bangkok.

Adapun maskapai penerbangan yang melayani penerbangan internasional reguler dari dan ke Bali adalah Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, Jetstar Asia, Scoot, KLM, Jetstar, AirAsia, Qatar Airways, Turkish Airlines, dan yang terbaru adalah Thai AirAsia.

Secara total, terdapat 11 maskapai penerbangan baik nasional maupun asing yang melayani 9 rute penerbangan dari dan menuju Bali.

“Selama Maret lalu, kami mencatat hampir 30.000 penumpang dan 257 penerbangan rute internasional terlayani di Bandara I Gusti Ngurah Rai,” ungkap Faik Fahmi.

Namun, lanjutnya, jumlah itu memang masih jauh dari angka sebelum pandemi, tapi merupakan awal yang bagus, karena saat ini tengah berupaya keras untuk mengembalikan kejayaan dunia penerbangan, khususnya penerbangan rute internasional. B