Angkasa Pura Airports Optimistis Kinerja Perusahaan Semakin Tinggi

Angkasa Pura Airports atau PT Angkasa Pura I (AP I). (dok. ap1.co.id)

Angkasa Pura Airports atau PT Angkasa Pura I optimistis memiliki kinerja perusahaan yang terus meninggi dan bertumbuh, menyusul usia perusahaan sudah mencapai ke-59 tahun pada 20 Februari 2023.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, 59 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk sebuah perusahaan dapat berdiri dan bertahan, merasakan suka dan duka dalam melayani.

“Bahkan, waktu yang tidak singkat dalam mengemban amanah untuk mengawal konektivitas udara dan berupaya yang terbaik untuk melayani negeri,” ujarnya saat sambutan HUT ke-59 Angkasa Pura Airports di Jakarta.

Pada tahun ini, tema HUT Angkasa Pura Airports adalah Transform to Elevate, dengan menjadikan momentum ini untuk mendorong inisiatif strategis perusahaan untuk mengakselerasi pertumbuhan performa perusahaan.

Angkasa Pura Airports pada tahun 2023 menargetkan 68 juta pergerakan penumpang di seluruh bandara yang dikelola perusahaan.

Faik Fahmi menjelaskan, kami tahun ini fokus merealisasikan dan menerapkan transformasi perusahaan dengan mengusung tiga pilar utama, yaitu business turnaroundorganization and culture, dan financial restructuring, serta satu pilar sebagai key enabler, yakni digitalisasi.

Baca juga :   APLog Raih Penghargaan ASEAN Risk Award 2023

“Dengan fokus merealisasikan dan menerapkan transformasi perusahaan secara menyeluruh, kami berharap akan dapat mewujudkan roadmap jangka Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) dan dapat meningkatkan kinerja dan menciptakan bisnis ke depan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Faik Fahmi juga menyoroti kinerja perusahaan pada tahun 2022 yang meningkat. Trafik penerbangan Angkasa Pura Airports pada tahun lalu tercatat sebesar 52,3 juta penumpang di 15 bandara, atau tumbuh signifikan sebesar 85,3% dibandingkan dengan tahun 2021.

Pencapaian kinerja tahun 2022 juga dilengkapi dengan perolehan penghargaan baik nasional maupun internasional, di antaranya adalah 18 penghargaan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) dari Airport Council International (ACI) kepada delapan bandara.

Pencapaian ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah Angkasa Pura Airports. “Melalui momentum usia perusahaan yang baru, Angkasa Pura Airports menyongsong 2023 sebagai tahun yang penuh peluang sekaligus tantangan.”

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Tanam Pohon Penahan Abrasi di Wilayah Kawasan Penyangga Bandara

Momentum pertumbuhan industri aviasi yang terjadi pada tahun 2022 akan diteruskan di tahun ini, serta diiringi dengan peningkatan kinerja operasional dan keuangan perusahaan.

Tujuan peningkatan performa perusahaan ini tercermin melalui kata elevate yang tercantum dalam tagline Transform to Elevate yang menjadi tema HUT ke-59 perusahaan.

“Transformasi perusahaan yang sedang kami laksanakan ini menjadi sangat penting, karena diharapkan akan menjadi percepatan bagi Angkasa Pura Airports untuk pulih dan take off kembali di tahun 2023. Tiga tahun pandemi Covid-19 telah berdampak sangat luat biasa,” tuturnya.

Namun, Faik Fahmi menilai saat tidak mampu lagi untuk mengubah situasi, maka ditantang untuk mengubah diri sendiri dan perubahan diri menjadi salah satu aksi untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi di sekeliling untuk tetap bisa survive. B

 

Komentar