Bandara SAMS Sepinggan Raih Penghargaan “The ACI Director General’s Roll Of Excellence In Airport Service Quality”

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan di Kalimantan Timur. (Istimewa)

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports meraih penghargaan The ACI Director General’s Roll of Excellence in Airport Service Quality.

Penghargaan dari Airport Council International (ACI) sebagai perwakilan dagang global bandara di dunia ini atas pencapaian Bandara SAMS Sepinggan secara konsisten dalam memberikan keunggulan terhadap layanan pelanggan.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, penghargaan ini merupakan yang pertama diberikan kepada operator bandara di Indonesia atas prestasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang berhasil memenangkan penghargaan Airport Service Quality (ASQ) selama periode lima tahun berturut-turut dalam 10 tahun terakhir.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi dunia internasional atas komitmen Angkasa Pura Airports dalam menjaga dan memberikan standar pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa secara berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangan perusahaan.

Faik Fahmi menjelaskan, prestasi itu membuat Bandara SAMS berhasil meraih penghargaan ASQ Awards lima tahun berturut-turut dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021.

Baca juga :   Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu; Movement 18 Kali Dan 1700 Pergerakan Penumpang

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna jasa, mitra usaha, komunitas dan stakeholders terkait di Bandara SAMS Sepinggan atas sinergi, kerja sama dan kolaborasinya hingga Angkasa Pura Airports berhasil meraih prestasi terbaik,” katanya.

Pada tahun 2021, hanya terdapat empat bandara di dunia yang berhasil meraih penghargaan The ACI Director General’s Roll of Excellence in Airport Service Quality, yaitu Bandara SAMS Sepinggan di Balikpapan, Fiumicino Airport di Roma, Sardar Vallabhbhai Patel International Airport di India dan Shanghai Hongqiao International Airport di China.

Pencapaian ini sekaligus mensejajarkan prestasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 64 bandara lainnya di dunia yang telah meraih penghargaan serupa dari tahun 2011-2020, seperti Beijing Airport, Changi Airport, Incheon Airport, Hongkong Airport, hingga Dubai Airport.

Sejak dilakukan perluasan kapasitas terminal dan diresmikan tahun 2014, Bandara SAMS Sepinggan menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu bandara terbaik di Indonesia yang di akui secara internasional.

Bandara SAMS Sepinggan telah meraih 11 penghargaan dalam ASQ Awards dari tahun 2017-2021 di kelas kapasitas lima juta penumpang hingga 15 juta penumpang per tahun.

Baca juga :   Changi Airport; Liburan Seru Di Bandara

Adapun perhargaan itu di antaranya ASQ Awards 2017 (satu Award) sebagai Best Airport by Size dan ASQ Awards 2018 (empat Awards) sebagai Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment and Ambience by Size, Best Customer Service and Best Infrastructure and Facilitation.

Sementara itu, ACI World Director General Luis Felipe de Oliveira menyampaikan rasa bangganya terhadap keempat bandara di seluruh dunia yang berhasil mendapatkan penghargaan selama periode lima tahun ini.

“Keempat bandara yang memperoleh penghargaan di tahun ini secara konsisten telah menunjukkan bahwa para pelanggan merupakan pusat dari seluruh pelayanan yang telah diberikan,” jelasnya.

Luis menuturkan, ketika dunia penerbangan telah bangkit kembali sehingga dapat menarik wisatawan untuk terbang, bandara harus secara aktif mendengarkan dan merangkul para pelanggannya untuk mengetahui apa saja kebutuhan dan harapan para pelanggan kedepannya. B