Pemkab Bogor Kembangkan Investasi & Infrastruktur

0
13

Salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor untuk menumbuhkan optimisme peningkatkan ekonomi akibat pandemi Covid-19 adalah dengan mengembangkan investasi serta insfrastruktur.

Keinginan ini tertuang dalam enam kebijakan yang diterbitkan oleh Pemda Kabupaten Bogor dalam Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020, dan APBD tahun 2021.

Menurut Bupati Bogor Ade Yasin, semua pihak harus tetap semangat dan optimis. “Saya yakin jika kita bersama-sama bangkit dan bekerja keras sepenuh hati kita dapat segera pulih dan meraih berbagai pencapaian yang lebih baik lagi,” kata Ade Yasin saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (17/8).

Salah satu investasi yang tengah dikembangkan oleh Kabupaten Bogor yakni investasi infrastruktur kawasan wisata di Geopark Nasional Pongkor. Kawasan yang juga dilengkapi sebagai kawasan agroedutourism di kawasan Nanggung ini membentang di 15 kecamatan dengan luas sekitar 135 hektar.
Selain itu, ada Situ Front City yang merupakan konsep strategi pembentukan identitas daerah untuk memperkuat citra dan karakter Kota Cibinong Raya dengan poros atau arah orientasi waterfront (Situ Front).

Dalam konsep ini, Situ akan dikembangkan sebagai jantung kota (the heart of the city) dan layout kota akan berorientasi situ. Kawasan aplikasi konsep Situ Front City akan berperan sebagai pusat ruang terbuka hijau, pusat kegiatan outdoor masyarakat (public open space), area pengembangan sarana rekreasi dan wisata, serta area fasilitas infrastruktur publik.

Investasi Infrastruktur lainnya adalah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Lido) seluas 1.000 hektare (Disneyland). Selain itu, ada kawasan pariwisata terintegrasi yang terdiri dari MNC Park Retailing Dining Entertainment International Golf Course & Country Club Golf, Hotel & Luxury Spa Lido Lake Hotel Hilltop Villas. Untuk pengembangan ekonomi kreatif adalah untuk Movie Land MNC Music Festival, serta Taman Nasional untuk Tourist Center Forest Restaurant Hiking Trail Cycling Trail.

Saat ini, dilakukan pengembangan jalan Poros Tengah Timur sepanjang 47 km dengan lebar 30 meter. Salah satu lokasi potensial untuk dikembangkan adalah di wilayah Poros Tengah Timur. Pengembangan jalan itu nantinya akan mempermudah akses dari dan ke kota lain.

Pemerintah Kabupaten Bogor juga menggagas masa depan Cibinong Raya melalui Transit Oriented Development (TOD) dan Situ Front City. TOD merupakan pola pembangunan tata kota yang terintegrasi antara kawasan perumahan dengan kawasan komersial dengan memaksimalkan akses ke transportasi umum. Terdapat beberapa TOD yang akan dikembangkan, yaitu TOD Susukan dan Pabuaran, TOD Gunung Putri, TOD Sentul Sirkuit dan TOD Cibanon. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here