Bandara Juanda Tambah Jam Operasional

0
48
Terminal Penumpang Bandara Juanda

Bandara Internasional Juanda menambah jam operasional dari 05.00 WIB hingga 21.00 WIB atau 16 jam dari sebelumnya jam operasional dimulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB atau 12 jam. Perubahan ini sudah berlaku sejak 17 Juli 2020.

Penambahan jam operasional ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pasca dimulainya fase new normal.

“Kami telah mengevaluasi terlebih dahulu terkait penambahan jam operasional. Selama periode Bulan Juli 2020 rata-rata penumpang per hari adalah sejumlah 10 ribu dengan 125 penerbangan per hari. Sementara jumlah pergerakan penumpang dan pesawat harian tertinggi terjadi pada tanggal 29 Juli dengan jumlah penumpang 13.575 dan 154 pergerakan pesawat.,” ujar Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo General Manager Bandar Udara Internasional Juanda.

Tidak hanya menambah jam operasional bandara, Heru mneyatakan bahwa Notice of Airport Capacity (NAC) akan pula bertambah. Sebelumnya NAC Bandara adalah 13 pergerakan pesawat per jam dan akan bertambah mejadi 25 pergerakan pesawat per jam.
Saat ini Bandara Juanda masih didominasi oleh penerbangan domestic. Terdapat dua penerbangan internasional yaitu penerbangan menuju Kuala Lumpur dengan maskapai Airasia dan Singapura oleh maskapai Scoot.

Menurut Heru, persyaratan untuk penerbangan internasional disarankan untuk menghubungi pihak maskapai terlebih dahulu mengenai surat ijin tinggal baik tetap, sementara, ataupun terbatas serta surat hasil PCR sebelum membeli tiket.

Bandara Internasional Juanda menyediakan 12 gate dan ruang tunggu untuk penumpang sehingga physical distancing dapat dilakukan. Selain itu, petugas dan seluruh gerai komersil juga menerapkan physical distancing dan protocol kesehatan yang sesuai. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here