by

Kabupaten Mappi Kawasan Sejuta Rawa Produktif di Selatan Papua

Kabupaten Mappi merupakan salah satu kabupaten termuda yang berada di Papua bagian selatan dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Merauke. Kabupaten Mappi merupakan kawasan sejuta rawa produktif di Selatan Papua.

Meskipun kebiasaan masyarakat Mappi berburu dan berkebun, namun daerah ini juga memiliki potensi dalam bidang pertanian sehingga membuka peluang untuk Kabupaten Mappi di masa mendatang menjadi daerah lumbung padi. Berdasarkan catatan, pada tahun 2015, tanaman pangan yang paling banyak dihasilkan adalah ubi kayu sebanyak 359 ton.

Selain itu, sektor kehutanan dan perikanan juga merupakan potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Mappi. Terutama pada sektor kehutanan yang menjadi potensi ekonomi yang nyata bagi masyarakat Kabupaten Mappi, yakni mencari kayu gaharu sampai ke pedalaman hutan.

Kayu gaharu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Apa lagi kayu gaharu yang memiliki kualitas tinggi dan terbaik bisa mencapai harga yang cukup tinggi. Sedangkan manfaat kayu gaharu untuk kesehatan adalah dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, masuk angin, hingga diare.

Dengan potensi yang ada, tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Kabupaten Mappi. Apa lagi di daerah itu sudah terdapat bandara, yaitu Bandara Kepi yang sudah dilayani oleh penerbangan komersil dan perintis Susi Air. “Daerah ini punya banyak potensi. Apa lagi transportasi udara disini juga lancar, begitu juga dengan transportasi lautnya. Jadi, orangnya naik pesawat dan barangnya dibawa menggunakan kapal ke Merauke. Namun sayangnya potensi yang ada belum digarap maksimal,” ujar Kepala Bandara Kepi Drajat Perwira Jati. (PN)

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT