by

Bandara Rendani Lakukan Simulasi Penanganan Covid-19

Guna mencegah meluasnya penyebaran virus Corona di Indonesia, tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 bersama pengelola Bandara Rendani melakukan simulasi pencegahan dan penanganan virus yang telah menyebar ke 118 negara di dunia tersebut di Bandara Rendani, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, pada hari Selasa (17/03).

Kepala Bandara Rendani Paryono mengemukakan, sebagai pengelola bandara, ia mendukung apa yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 yang bertujuan untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Corona di wilayah Papua Barat.

“Kami mendukung kegiatan simulasi ini dilakukan di bandara karena memang Bandara Rendani ini merupakan gerbang udara utama masuk ke Manokwari. Ketika itu terjadi langsung, kami sudah tahu bagaimana cara menanganinya dan ada KKP yang siap siaga di bandara ini untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setiap penumpang yang datang melalui bandara ini juga untuk melakukan penanganan langsung ketika ada penumpang yang terkena paparan virus tersebut,” katanya.

Simulasi tersebut melibatkan seluruh stakeholder yang ada di bandara, seperti ground handling dan pihak maskapai. Melalui simulasi tersebut, alur penanganan penumpang terindikasi virus Corona pun dapat diketahui caranya. Jika ada penumpang yang terindikasi virus Corona di dalam pesawat saat sedang dalam penerbangan, maka crew maskapai tersebut harus melakukan koordinasi dengan pihak ATC, lalu dari ATC menginfokan pengelola bandara dan kemudian menginfokan ke KKP.

Dalam kegiatan simulasi tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah IX Manokwari Agus Irianto bersama satf, Sekda Manokwari beserta jajaran, dan seluruh komunitas penerbangan Bandara Rendani.

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT