by

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Perluas Terminal Penumpang

Guna meningkatkan kenyamanan pengguna jasa bandara, pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), yakni PT Angkasa Pura II (Persero) cabang Banda Aceh, akan melakukan perluasan terminal dengan kapasitas 1,8 juta penumpang per tahun dimana kini hanya dapat menampung 1,3 juta penumpang.

Perluasan gedung terminal Bandara Sultan Iskandar Muda ini diharapkan selesai sebelum tahun 2024 mengingat pada tahun tersebut Banda Aceh menjadi tuan rumah PON dan pergerakan penumpang yang masuk maupun berangkat melalui bandara tersebut akan meningkat drastis.

Executive General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda Indra Gunawan mengemukakan bahwa perluasan terminal penumpang ini dilakukan juga karena kondisi terminal yang sudah tidak mampu menampung penumpang yang terus mengalami peningkatan, selain menjadi bandara hub di wilayah Aceh.

“Dalam satu hari pergerakan penumpang di bandara ini mencapai 2.800. Selain itu, bandara ini juga merupakan bandara hub di wilayah Aceh. Terdapat tiga bandara di Aceh yang penerbangan perintisnya terhubung ke SIM, yaitu Bandara Cut Nyak Dhien, Bandara Alas Lauser, dan Bandara Lasikin dan di bandara ini juga sudah hadir penerbangan langsung internasional Banda Aceh – Kuala Lumpur dan Banda Aceh – Penang,” ujar Indra Gunawan .

Selain melakukan perluasan terminal, pengelola bandara juga melakukan berbagai terobosan agar bandara tidak hanya menjadi tempat naik turun penumpang pesawat saja, tetapi juga bisa menjadi tempat bisnis dan wisata. Salah satunya adalah dengan mengembangkan bisnis selain di bidang aero, yaitu seperti menyediakan sport center yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas sekitar bandara serta menyelenggarakan festival kopi di area parkir bandara mengingat Aceh terkenal dengan kopinya. (PN)

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT