by

BANDARA SULTAN HASANUDDIN – TERMINAL DIPERLUAS JADI TIGA KALI LIPAT

Perluasan terminal penumpang Bandara Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, terus digenjot agar dapat digunakan oleh masyarakat luas di tahun 2021. Perluasan terminal ini dimulai sejak bulan Februari 2019 dan sudah mencapai 39,34%.

Co. GM Airport Project Devolepment Bandara Sultan Hasanuddin I Gusti Ngurah Agung Wirama mengemukakan, bahwa terminal penumpang exsisting saat ini hanya dapat menampung tujuh juta penumpang per tahun, sedangkan penumpang di bandara itu terus mengalami peningkatan dan kini mencapai 13 juta penumpang per tahun.

“Terminal yang ada sudah tidak bisa menampung penumpang yang terus meningkat, oleh karena itu terminal penumpang di bandara ini diperluas dari 51.000 meter persegi menjadi 166.005 meter persegi atau tiga kali lipat lebih luas,” katanya.

Target perluasan terminal penumpang bandara direncanakan selesai pada bulan Mei 2021. “Kalau sesuai target itu selesainya Mei 2021. Tapi kami berupaya perluasan fisik tahap satu ini dapat diselesaikan akhir tahun 2020, lebih cepat dari yang ditargetkan dan itu menjadi tantangan untuk kami,” tambahnya.

Selain perluasan gedung terminal penumpang, pengelola Bandara Sultan Hasanuddin juga membangun gedung parkir penumpang yang terdiri empat lantai dan dapat menampung kendaraan sebanyak 686 unit. Perluasan gedung terminal dan pembangunan gedung parkir ini dikerjakan selama 24 jam bersamaan dengan operasional pelayanan bandara.

Namun demikian, pelayanan di bandara itu tetap berjalan maksimal dan tidak menggangu pelayanan yang ada dengan mengatur tahapan pembangunan. “Pelayanan dan kenyamanan pengguna jasa bandara tetap yang utama, dan kami berupaya meminimalisir pembangunan agar tidak menggangu pengguna jasa bandara,” tegas Wirama. (RI)

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT