by

BANDARA SUGIMANURU TERMINAL PENUMPANG DIPERLUAS

Pengelola Bandara Sugimanuru di Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, memperluas terminal penumpang guna meningkatkan kenyamanan serta pelayanan.
Saat ini terminal yang ada seluas 456 meter persegi sudah tidak bisa menampung penumpang yang semakin meningkat di bandara tersebut, sehingga harus diperluas. Pertimbangan lain bahwa perluasan dilakukan karena terdapat beberapa kontruksi bangunan yang terbilang sudah tidak layak.

Kepala Bandara Sugimanuru Deden Chandra Komala mengemukakan terminal diperluas hingga tiga kali lipat dari luas terminal penumpang saat ini, yakni 1600 meter persegi yang dapat menampung 140 penumpang pada jam yang sama atau berdekatan.

Saat ini perluasan terminal Bandara Sugimanuru sudah memasuki tahap finishing dan setelah itu akan dilakukan verifikasi. “Saya optimis terminal baru ini dapat digunakan oleh masyarakat luas tahun ini,” kata Kabandara. Setelah terminal baru beroperasi, Deden berharap agar masyarakat juga dapat turut berkontribusi bersama-sama menjaga kebersihan bandara sehingga tercipta kenyamanan dan keamanan penerbangan.

Selain melakukan perluasan terminal, Kabandara Deden juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini rencananya Wings Air akan menambah rute penerbangan di bandara itu, yakni Makassar – Raha – Kendari PP. “Rute tersebut seharusnya sudah terealisasi, namun karena ada beberapa kendala dari maskapai, jadi belum bisa terealisasi rute penerbangan tersebut. Tapi, rute itu sudah fix, hanya menunggu waktu pastinya saja untuk terealisasi,” ungkapnya.

Terkait penambahan rute tersebut, Deden meyakinkan pihak maskapai dengan hubungan emosional dan kepemerintahan. Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara, yaitu Kendari, selama ini ditempuh melalui jalur laut menggunakan kapal cepat sehari tiga kali dan kapal feri sehari dua kali.“Penumpang kapal ke Kendari setiap harinya bisa mencapai 1600 orang. Jika satu persen penumpang kapal laut beralih ke pesawat, maka penerbangan Raha – Kendari setiap hari penuh terus,” jelasnya.

Saat ini Wings Air melayani rute penerbangan Makassar – Raha PP setiap hari. Dengan berbagai pengembangan dan peningkatan yang ada di Bandara Sugimanuru, Kabandara berharap Pemda juga dapat mendukung pengembangan bandara untuk menunjang kebutuhan transportasi udara tiga kabupaten, yaitu Muna, Muna Barat dan Buton Tengah. (RI/*)

Comment

BERITA TERKAIT