by

BANDARA ELELIM PENERBANGAN SUBSIDI ANGKUTAN UDARA PERINTIS RESMI BEROPERASI

Penerbangan perdana perintis tahun anggaran 2020 resmi beroperasi. Tahun 2019, Bandara Elelim menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) penerbangan subsidi angkutan perintis di wilayah Papua yang tahun-tahun sebelumnya di bawah KPA Sentani.

Penerbangan subsidi angkutan udara perintis tahun ini yang dilayani oleh maskapai Susi Air menggunakan pesawat jenis Grand Caravan melayani 11 rute, sembilan rute adalah rute eksisting tahun 2019, yaitu Sentani – Elelim, Sentani – Batom, Sentani – Dabra, Sentani – Kiwirok, Sentani – Karubaga, Sentani – Ilu, Sentani – Luban, Sentani – Borme, Sentani – Kasonaweja dan dua rute baru, yaitu Sentani – Sarmi serta Sentani – Teraplu.

Kepala Bandara Elelim Faisal Rahman mengemukakan, selain rute penerbangan subsidi angkutan udara perintis yang bertambah, frekuensi penerbangan perintis di Bandara Elelim juga tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya seminggu tiga kali. “Transportasi udara disini sangat dibutuhkan, oleh karena itu frekuensi penerbangan perintis tahun ini meningkat menjadi seminggu empat kali di Minggu ganjil dan seminggu tiga kali di Minggu genap. Artinya dalam satu bulan totalnya 14 kali, sedangkan tahun lalu dalam satu bulan hanya 12 kali saja,” katanya.

Dengan hadirnya penerbangan subsidi perintis di bandara yang terletak di Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, memudahkan akses masyarakat sekitar menuju Ibukota Provinsi Papua, yakni Jayapura, serta dapat menekan biaya transportasi. Karena jika tidak ada penerbangan perintis di Elelim, maka masyarakat sekitar harus menempuh perjalanan darat yang cukup berat selama lima jama menuju Bandara Wamena, lalu menggunakan transportasi udara dari bandara tersebut dengan harga tiket yang terbilang cukup tinggi.

Selain penerbangan perintis, Bandara Elelim juga melayani penerbangan charter dan misionaris. Namun demikian, kehadiran penerbangan perintis ini akan turut mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah pedalaman Papua tersebut.

Kehadiran penerbangan perdana perintis tahun anggaran 2020 ini juga disambut baik oleh Pemda setempat, karena dengan hadirnya penerbangan perintis ini juga memudahkan kegiatan kepemerintahan. “Pemda menyambut baik hadirnya penerbangan perintis di Elelim. Mereka juga meminta kalau bisa rutenya ditambahkan lagi ke distrik-distrik yang terdapat di Kabupaten Yalimo juga ditambahkan subsidi penerbangan cargo,” tambah Kabandara.

Dalam penerbangan perdana perintis Sentani – Elelim turut hadir Susi Pudjiastuti, Presiden Direktur PT Asi Pudjiastuti Aviation, Kepala Otoritas Bandara Wilayah X Merauke Usman Effendi, Kepala Bandara Dabra, Kepala Bandara Kiwirok, perwakilan dari Bandara Sarmi dan Bandara Batom, Airport Operation Manager Angkasa Pura I Cabang Sentani, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Yalimo, Kapolres Kabupaten Yalimo, serta jajaran pejabat dan pegawai Bandara Elelim. (PN)

Comment

BERITA TERKAIT