by

TERMINAL 3 BANDARA SOEKARNO HATTA KEMBALI MENJADI BEST AIRPORT OF THE YEAR

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kembali menyandang predikat sebagai Indonesia’s Best Airport of The Year 2019 pada ajang Bandara Awards 2019. Tahun ini, penghargaan tersebut diraih bersama Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali karena keduanya memiliki nilai sama berdasarkan survei penumpang dan perhitungan dewan juri.
Prestasi ini menambah daftar penghargaan yang diterima di tahun 2019. Selain itu, penghargaan yang diraih juga ikut mengukuhkan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sebagai Bandara Terbaik di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut.
“Ini merupakan tahun ketiga kami menang di Bandara Awards. Kami mendapatkan penghargaan Best Airport of The Year di tahun 2017, 2018, dan sekarang 2019. Tentu ini prestasi yang membanggakan,” ujar Heriyanto selaku Senior Manager of Terminal Service & Facility Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.
Heriyanto mengungkapkan bahwa penghargaan yang diraih adalah berkat kerja keras yang dilakukan seluruh jajaran Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sehingga penumpang merasa puas dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan.
“Pertama kami selalu concern dalam menangani komplain. Bagi kami customer adalah konsultan terbaik karena mereka paling objektif dan jujur. Selain itu, ada dua hal yang kami kedepankan dalam proses penanganan komplain, yaitu speed and simplify. Kedua melakukan evaluasi secara rutin terhadap seluruh kehandalan fasilitas dan pelayanan. Dan yang terakhir adalah melakukan pemetaan terhadap “pain” yang dirasakan pengguna jasa bandara,” ujar Heriyanto.
Senior Manager Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini juga mengatakan bahwa kini Bandara Awards telah menjadi tolok ukur dalam aspek kualitas pelayanan, fasilitas, dan operasional bandara di Indonesia. Dengan adanya hasil survei penilaian penumpang, para pimpinan bandara dan perhubungan udara dapat mengetahui bagaimana nilai suatu bandara dari kacamata penumpang, sehingga dapat dilakukan berbagai peningkatan kedepannya.
Penghargaan yang diraih oleh salah satu terminal terbesar di Indonesia ini menjadi motivasi tersendiri agar lebih baik lagi kedepannya. Disebutkan oleh Heriyanto, ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh Terminal 3 untuk terus meningkatkan kinerja, seperti mempertahankan level of services yang telah dicapai hingga saat ini. Seiring dengan peningkatan ekspektasi dari pengguna jasa bandara, akan dilakukan improvisasi dan inovasi terhadap pelayanan dan fasilitas yang berbasis pada kebutuhan pelanggan. Selain itu, mempersiapkan sumber daya manusia melalui diklat pelatihan dan seminar juga penting, mengingat fasilitas dan pelayanan yang baik tidak akan dapat dinikmati oleh penumpang jika sumber daya manusianya tidak dapat melayani dengan baik.
“Selanjutnya yang paling penting adalah menyatukan mindset seluruh stakeholder hingga ke unit-unit teknis di lapangan bahwa pelayanan adalah aspek penting di bandara yang berkontribusi terhadap keberlangsungan bisnis dan operasional,” sambung Heriyanto.
Selain yang disebutkan di atas, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2020 akan semakin fokus pada aspek fasilitas dan layanan. Dari sisi fasilitas, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian, seperti peningkatan kapasitas tata udara dan sistem pencahayaan, pembangunan akses gedung parkir dan Game Center.
Sedangkan dari segi pelayanan, saat ini sedang dirancang layout untuk kedatangan internasional agar membuat nyaman para penjemput, pengoperasian secondary curbside untuk taksi reguler, perubahan flow keberangkatan domestik, dan penyelenggaraan program customer happiness. (PN)

Comment

BERITA TERKAIT