by

IAS SELENGGARAKAN DIKLAT ATC CHECKER

Senin, (02/12/2019), Indonesia Aviation School (IAS) menyelenggarakan diklat ATC Checker selama lima hari untuk gelombang satu, yakni tanggal 02 – 06 Desember dan gelombang dua pada 09 – 13 Desember 2019 di Luminor Hotel, Jakarta. Acara diklat ini secara resmi dibuka oleh Yudhisari Sitompul mantan Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
Diklat yang diikuti oleh 20 pegawai AirNav ini bertujuan untuk mencetak dan memenuhi petugas ATC Checker Indonesia yang belum tercapai. ATC Checker sendiri adalah yang bertugas untuk menguji petugas ATC di lapangan sebelum melakukan peraturan lalu lintas udara di Indonesia.
“Dari keseluruhan ATC di setiap unit AirNav, ATC Checker Indonesia hanya sebanyak 20-30% saja. Sementara di setiap cabang AirNav harus ada ATC Checker dan di Indonesia ini bandaranya sangat banyak, lebih dari 200. Oleh karena itu, Diklat ini diselenggarakan agar kebutuhan ATC Checker tercapai untuk memenuhi persyaratan regulasi,” kata Yudhisari saat ditemui usai pembukaan Diklat ATC Checker.
Sementara itu, Direktur Utama IAS Zulkoflie Abbas dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut, di antaranya adalah Asri Sentosa selaku Direktur Navigasi Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan yang telah mempercayakan IAS menyelenggarakan diklat tersebut dan staf Direktorat Navigasi Penerbangan.
Sedangkan Head Master IAS Budi Hendro mengemukakan, dengan diselenggarakannya diklat ini diharapkan para peserta bisa menjadi ATC Checker yang handal dan bisa melakukan tugasnya dengan baik saat menguji petugas ATC di lapangan. “Kami berharap teman-teman ATC yang mengikuti diklat ini bisa menyerap ilmu yang diberikan dengan baik sehingga bisa menjadi ATC Checker yang handal dan profesional,” ujarnya. (PN)

Comment

BERITA TERKAIT