by

BANDARA SYAMSUDIN NOOR TERMINAL BARU KEBANGGAAN

GM Indah Preastuty

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada Rabu (18/12) siang. “Dengan mengucap bismillah, siang hari ini saya resmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kalimantan Selatan,” kata Jokowi.
Presiden mengaku sangat kaget dengan kemegahan terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor yang memiliki luas 77.569 meter persegi dan mampu menampung 7 juta penumpang per tahun. ”Saya kaget sekali ketika tadi mendarat di bandara ini. Benar-benar bagus dan besar sekali. Bandara ini patut dibanggakan,”imbuh Jokowi.
Terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor ini sudah mulai dioperasikan sejak 10 Desember 2019 setelah peletakan batu pertama (groundbreaking) pengembangan Bandara Internasional Syamsudin Noor yang dilakukan pada 18 Mei 2015. Pekerjaan konstruksi dilakukan dalam dua paket pekerjaan, yaitu Paket 1 berupa pembangunan gedung terminal dan fasilitas penunjang yang dikerjakan oleh PP-Wika Gedung KSO dan Paket 2 berupa pekerjaan infrastruktur, bangunan penunjang, dan perluasan apron oleh NKE.
“Hadirnya terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penguna jasa bandara serta sebagai bentuk kontribusi Angkasa Pura I dalam ikut mendorong pertumbuhan perekonomian Kalimantan Selatan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.
Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap dengan diresmikannya terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor ini akan memberikan semangat kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kalimantan Selatan. Sebagai ikon kebanggaan baru, kemegahan terminal bandara terlihat pada desain terminal yang menyerupai intan permata dengan bentuk atap mirip perahu jukung. Oleh karena itu bandara ini juga disebut sebagai “Jewel of Borneo”. (PN)

 

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT