by

BANDARA JENDERAL AHMAD YANI TERUS TINGKATKAN LAYANAN

Prestasi yang diraih oleh Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang sebagai juara ketiga Bandara Terbaik kategori PT. Angkasa Pura I (Persero) menjadi semangat bagi jajaran bandara untuk terus meningkatkan pelayanan.
“Bandara Awards ini juga menjadi motivasi bagi kami selaku pengelola bandara untuk semakin meningkatkan pelayanan jasa bandara menjadi semakin baik dan kompetitif menuju standar pelayanan bertaraf kelas dunia. Namun kami tetap menonjolkan ciri khas Indonesia, sesuai dengan visi PT. Angkasa Pura I (Persero) yaitu Connecting The World Beyond Airport Operator With Indonesian Experience,” ujar Hardi Ariyanto selaku GM Bandara Jenderal Ahmad Yani.
Hardi menambahkan bahwa Bandara Awards merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh jajaran manajemen dan stakeholder Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang atas sinergi dan kinerja yang telah dilakukan untuk peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa. Penghargaan yang diraih merupakan hasil kerja keras seluruh elemen yang ada di bandara mulai dari level bawah hingga atas yang telah memberikan kontribusinya untuk mendukung pelayanan dan kemajuan bandara.
Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang senantiasa meningkatkan fasilitas layanan dan hospitality dari para petugas di bandara untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa. Fasilitas yang disediakan oleh Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang di antaranya adalah fasilitas umum seperti ATM center, free drinking water, internet corner, reading corner, charging station, free wifi, smoking area, kids zone, peminjaman baby stroller, business lounge, dan berbagai fasilitas lainnya.
Sedangkan untuk penumpang berkebutuhan khusus juga disediakan fasilitas seperti drop zone khusus disabilitas, akses lift khusus, peminjaman wheelchair, dan toilet difabel. Ada pula nursery room. Kemudian yang terbaru adalah Special Needs Service Holding Room dan Multi Sensory Room untuk penyandang autisme yang diresmikan pada tanggal 21 Oktober 2019.
Selain itu, Bandara Jenderal Ahmad Yani juga rutin melaksanakan acara tematik di bandara pada perayaan hari raya atau hari besar nasional untuk meningkatkan customer experience bagi pengguna jasa. Di tahun 2019, Bandara Jenderal Ahmad Yani telah melaksanakan 15 kegiatan thematic event sejak bulan Januari hingga Desember.
Hardi mengatakan bahwa untuk tahun 2020, manajemen Bandara Jenderal Ahmad Yani akan terus membuat inovasi-inovasi di bidang pelayanan guna memberikan kenyamanan dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan di bandara.
Sejumlah program sudah direncanakan, termasuk diantaranya penambahan fasilitas family toilet, pembuatan coworking space, implementasi Digital Airport Operation, dan penambahan layar monitor untuk menampilkan CCTV pada aktifitas penurunan bagasi ke baggage conveyor belt.
“Kami juga merencanakan pelaksanaan sekitar 25 program tematik di bandara untuk 2020,” sambung Hardi. (PN/*)

Ketua Dewan Juri Bandara Awards 2019 Herry Bhakti S. Gumay, Hardi Ariyanto, Agus Budiharto, I Ketut Sarjana, Goentoro , Handy Heryudhitiawan dan Dudi Sudibyo

Comment

BERITA TERKAIT