by

BANDARA AWARDS 2019 PERTAMA KALI DUA BANDARA JADI TERBAIK

Dewan Juri Bandara Awards 2019 menyatakan tahun 2019 merupakan yang pertama kali terdapat dua bandara dinobatkan sebagai terbaik.
Kedua bandara tersebut adalah Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang keduanya meraih predikat terbaik di ajang Bandara Awards 2019, Jumat (6/12/2019) lalu.
Ketua Dewan Juri Bandara Awards Herry Bhakti S Gumay mengatakan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai meraih poin tertinggi setelah menyisihkan sebanyak 98 bandara lainnya yang masuk penilaian.
“Tahun ini merupakan kali pertama penghargaan diberikan pada dua bandara. Ini karena keduanya memiliki nilai peningkatan yang sama,” ujar Herry.
Terdapat dua kriteria yang menjadi dasar penilaian yaitu kualitas pelayanan dan peningkatan pada 20 aspek pelayanan di terminal penumpang meliputi akses dan informasi, pelayanan keberangkatan dan kedatangan, kenyamanan terminal, fasilitas dan kemudahan.
Dalam laporannya, dewan juri mengapresiasi ajang ini sebagai bentuk penghargaan pengelolaan kebandarudaraan di Indonesia. “Adapun dukungan dan keberlanjutan dari kementerian terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tetap dibutuhkan dalam perjalanan pengembangannya,” imbuhnya.
Herry menambahkan jumlah peserta tahun ini mencapai 100 bandara yang terdiri dari 13 bandara PT Angkasa Pura I (Persero), 16 bandara PT Angkasa Pura II (Persero), dan bandara-bandara di lingkungan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I, II, III. Khusus Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dinilai terpisah untuk masing-masing terminalnya, yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 karena mempertimbangkan jumlahnya.

Comment

BERITA TERKAIT