by

Bandara Karel Sadsuitubun Selenggarakan Rakortis Wilayah Maluku

Kabandara Anwar Hamid

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui pengelola Bandara Karel Sadsuitubun menyelenggarakan Rapat Koordinasi Perintis (Rakortis) wilayah Maluku pada Selasa (26/11/2019) di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Kegiatan Rakortis ini turut dihadiri oleh Hari Budianto selaku Kasubdit Angkutan Udara, Faisal selaku Koordinator Perintis Indonesia, seluruh Kepala Dinas Perhubungan wilayah Maluku serta para Kepala Bandara di wilayah Maluku.
Kepala Bandara Karel Sadsuitubun Anwar Hamid mengemukakan, diselenggarakannya rakortis ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan koordinasi terkait masalah bandara-bandara yang diterbangi rute penerbangan perintis di Maluku dan Bandara Karel Sadsuitubun adalah koordinator perintis wilayah Maluku. “Dalam pelaksanaan penerbangan perintis banyak sekali kendala yang dialami oleh masing-masing bandara. Dengan adanya acara ini, kita menyatukan semua persepsi dan koordinasi agar pelayanan penerbangan perintis di wilayah Maluku berjalan lancar dan sesuai target, yaitu dapat terlayani lapisan masyarakat yang membutuhkan dalam penerbangan angkutan perintis tersebut” katanya.
Tahun 2019 ini, terdapat delapan rute penerbangan perintis di wilayah Maluku dan terbang seminggu sekali. Rute penerbangan perintis tersebut di antaranya adalah Ambon – Banda – Amahai PP dan Langgur – Larat – Saumlaki – Moa – Kisar – Ambon yang dilayani oleh Susi Air.

Rakortis wilayah Maluku

Bandara Karel Sadsuitubun merupakan UPBU Kelas II yang memiliki runway sepanjang 2.350 meter x 45 meter Penerbangan di bandara ini dilayani oleh penerbangan komersil Wings Air menggunakan pesawat ATR-72 rute Ambon – Langgur PP setiap hari dan dalam sehari movement mencapai lima hingga enam kali pergerakan. Rencananya, Wings Air juga akan menambah rute baru yaitu Langgur – Timika PP.

Comment

BERITA TERKAIT