by

Yogyakarta International Airport Movement Kini 12 Kali Perhari

Bandara Internasional Yogyakarta kini memiliki pergerakan penerbangan sebanyak 28 kali perhari. Hingga saat ini maskapai nasional seperti Batik Air, Citilink, AirAsia, Garuda dan Lion Air sudah mulai beroperasi melayani penerbangan domestik dari dan ke Yogyakarta.

“Saat ini sudah ada lima maskapai yang beroperasi dengan total 28 pergerakan setiap harinya. Nantinya akan semakin banyak lagi,” ujar Agus Pandu Purnama selaku General Manager Bandara Internasional Yogyakarta.

Maskapai Batik Air mengoperasikan beberapa rute, yaitu Yogyakarta-Jakarta sebanyak dua kali, Yogyakarta-Samarinda satu kali, dan Yogyakarta-Palangkaraya satu kali. Untuk maskapai Citilink hanya melayani Yogyakarta-Halim dan Lion Air sudah melayani penerbangan Yogyakarta-Makassar masing-masing sebanyak satu kali. Maskapai AirAsia melayani rute penerbangan Yogyakarta-Lombok satu kali setiap harinya.

Bandara Internasional Yogyakarta yang sudah beroperasi dari bulan Mei lalu dibangun untuk menggantikan Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Bandara yang terletak di Kulon Progo ini ditargetkan untuk dapat beroperasi secara penuh pada akhir tahun 2019.

“Saat ini sedang persiapan supaya target beroperasi penuh di akhir tahun dapat tercapai. Nantinya movement di bandara ini akan sangat tinggi,” ujar Agus.

Bandara Internasional Yogyakarta merupakan gerbang bagi transportasi udara dari dan menuju ke Yogyakarta. Bandara yang juga dikenal dengan Bandara Kulon Progo ini memiliki landasan pacu seluas 3250 m x 45 m yang dapat melayani pesawat berbadan besar dengan luas terminal 219.000 meter persegi. (PN)

Comment

BERITA TERKAIT