by

PPSDMPU Mencetak SDM Handal

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDMPU) sebagai organisasi pemerintah yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia memiliki tujuan untuk mencetak sumber daya manusia perhubungan udara yang profesional, prima, dan beretika melalui penyelenggaraan pendidikan vokasi, pelatihan di bidang transportasi udara, melakukan Sosialisasi, penyuluhan dan lain sebagainya yang terkait dengan matra perhubungan udara.

Beberapa unit pelaksana teknis PPSDMPU diantaranya adalah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Politeknik Penerbangan Medan, Politeknik Penerbangan Palembang, Politeknik Penerbangan Surabaya, Politeknik Penerbangan Makassar (ATKP), Politeknik Penerbangan Jayapura, Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi, dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Curug.

Kepala PPSDMPU Heri Sudarmaji mengatakan bahwa PPSDMPU dibentuk oleh pemerintah untuk mengembangkan sumber daya manusia yang mumpuni di sub sektor perhubungan udara. “Instansi kita menjadi pusat pengembangan SDM perhubungan udara, supaya banyak putra-putri bangsa Indonesia yang nantinya menjadi ahli di bidang transportasi udara, hal ini sangat penting mengingat Indonesia adalah negara kepulauan sehingga diperlukan trasnportasi udara yang handal dalam rangka terwujudnya konektivitas antar pulau, pemerataan pembangunan dan mendorong serta mempercepat pertumbuhan perekonomian” ujar Heri.

Sebagai organisasi pengembangan sumber daya manusia di bidang perhubungan udara, ada beberapa hal yang menjadi sasaran organisasi ini, yaitu mewujudkan pemenuhan sumber daya manusia perhubungan udara yang berkompeten dan berstandar Internasional, menjalin kerjasama dengan berbagai institusi terkait yaitu regulator, operator dan industri, baik pusat ataupun daerah dan masyarakat transportasi serta melakukan kerja sama dengan Luar negeri dalam rangka pemenuhan strandar Internasional di bidang penerbangan, yang saat ini gencar kami lalukan diantaranya adalah telah mendapatkan approval ICAO Train Air Plus sebagai Full member, IATA dan EASA dalam proses approval. Selain itu, PPSDMPU juga mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan standarisasi dan akreditasi tenaga pengajar, kurikulum syllabus, bahan ajar, sarana dan prasarana, manajemen penyelenggara diklat dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan & pelatihan yang berkualitas dengan standar Internasional, merata, terjangkau, berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pendekatan lingkungan strategi global, regional maupun nasional. Kesemuanya itu kami lakukan dalam rangka menghadapi persaingan pasar global dibidang penerbangan. (PN)

Comment

BERITA TERKAIT