by

Bandara Tjilik Riwut Gerbang Ekonomi & Pembangunan Kalimantan Tengah

Bandar Udara Tjilik Riwut yang berada di Kota Palangkaraya – Kalimantan Tengah, kini hadir dengan terminal baru yang lebih luas, lebih megah dan lebih nyaman. Saat ini jumlah penumpang datang dan pergi yang melewati Bandar Udara Tjilik Riwut hampir mencapai.
2.500 penumpang/hari sedangkan jumlah pesawat yang landing dan take off mencapai 35 pergerakan/hari, belum termasuk penerbangan flying school BIFA (Bali International Fying School) dan AAA (Angkasa Aviation Academy) yang melakukan kegiatan penerbangannya di bandara ini.

Sejak beroperasi dan diresmikan pada bulan April 2019 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa bandara. Pemenuhan berbagai fasilitas guna menunjang keamanan, keselamatan dan kenyamanan terus dilakukan dan ditingkatkan.
Executive General Manager Bandara Tjilik Riwut Siswanto mengemukakan, bahwa sebagai pengelola bandara yang berorientasi pada layanan (Service Oriented) dan mencari keuntungan (Provit Oriented), Pembangunan fasilitas dan layanan berbasis digital, pemenuhan standar internasional dengan tetap mengacu kepada 3S+1C (Safety, Security, Service & Compliance). Memastikan kelancaran operasional penerbangan di bandara dan berkoordinasi secara aktif dengan instansi terkait lainnya.

EGM Bandara Tjilik Riwut Siswanto

Di sisi lain sebagai pengelola bandara yang berorientasi provit (Provit Oriented), mengupayakan bagaimana pengelolaan bandara mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan. Peningkatan trafik pesawat dan penumpang dari dan ke Bandara Tjilik Riwut diharapkan mampu menjadikan bandara sebagai pintu gerbang dan pusat kegiatan bisnis, ekonomi, pariwisata dan pembangunan daerah. Kelancaran operasional penerbangan di bandara itu juga menjadi jaminan masuknya para calon investor, pebisnis dan wisatawan ke Propinsi Kalimantan Tengah.
Terminal baru Bandara Tjilik Riwut di bangun di atas lahan seluas 29.000 M2 dengan total luas area bandara mencapai 300.000 M2. Dengan terminal yang lebih luas, para pengguna jasa bandara pun dapat dengan mudah menemukan berbagai fasilitas publik di bandara ini. (RI)

Comment

BERITA TERKAIT