by

BANDARA SUGIMANURU LAKUKAN PENINGKATAN FASILITAS

Kabandara Sugimanuru Deden Chandra Komala

Tingginya pergerakan penumpang pesawat di Bandara Sugimanuru, membuat pengelola bandara tersebut terus melakukan berbagai peningkatan fasilitas guna mendukung kenyamanan pengguna jasa bandara, baik dari sisi udara maupun sisi darat.
Kepala Bandara Sugimanuru Deden Chandra Komala mengemukakan bahwa saat ini sedang dilakukan pembangunan terminal baru seluas 1.600 meter persegi agar dapat menampung penumpang dua pesawat jenis ATR-72 pada waktu yang bersamaan dan membangun lahan parkir pengunjung. “Terminal penumpang yang ada saat ini hanya seluas 450 meter persegi dan tidak bisa menampung penumpang satu pesawat jenis ATR-72, sedangkan penerbangan di bandara ini dilayani oleh Wings Air menggunakan ATR-72,” katanya.
Kondisi terminal penumpang yang tidak representatif, membuat pengelola bandara terus berupaya memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa bandara di tengah keterbatasan agar penumpang merasa nyaman selama menunggu waktu keberangkatan.
Selain sisi darat, saat ini pengelola Bandara Sugimanuru juga sedang melakukan pembangunan pada sisi udara denga melakukan perluasan apron dari 80 meter x 90 meter menjadi 110 meter x 100 meter sehingga bisa menampung tiga pesawat jenis ATR-72. “Luas apron saat ini hanya dapat menampung satu pesawat ATR-72 saja, sedangkan penerbangan di bandara ini masih bisa terus bertambah. Oleh karena itu kita lakukan berbagai peningkatan kapasitas, salah satunya adalah memperluas apron,” tambah Kabandara.
Bandara Sugimanuru terletak di Pulau Raha, tepatnya di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, dan saat ini diterbangi pesawat Wings Air jenis ATR-72 rute Makassar – Raha PP setiap hari satu kali. Rencananya rute penerbangan di bandara yang memiliki runway sepanjang 1600 meter x 30 meter itu akan membuka rute baru, yakni Makassar – Kendari – Raha.
Berdasarkan catatan, load factor penumpang di bandara ini dalam sehari mencapai 75% dan bandara ini juga melayani tiga kabupaten, yaitu Muna, Muna Barat dan Buton Tengah sehingga berdampak terhadap demand penumpang di bandara itu yang semakin ramai pengunjung.

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT