by

BANDARA NUSAWIRU GERBANG WISATA PANGANDARAN

Kabandara Nusawiru Hendra Gunawan

Bandara Nusawiru diharapkan menjadi gerbang udara utama bagi pariwisata Pangandaran di tengah meningkatnya ketertarikan masyarakat terhadap objek wisata di selatan Jawa tersebut.
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyatakan bahwa dengan semakin dikenalnya pariwisata Pangandaran, wisatawan datang tidak hanya melalui jalur darat namun juga dengan jalur udara. “Kami mengharapkan Bandara Nusawiru ini akan menjadi gerbang utama bagi wisatawan, baik domestik maupun asing yang akan berkunjung ke objek wisata di Pangandaran.”
Koordinator Pelaksana Bandara Nusawiru Hendra Gunawan menjelaskan saat ini maskapai Susi Air terbang rutin sebanyak satu kali setiap harinya dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Bandara tersebut memiliki landasan pacu 1.400 m x 30 m.
Sementara itu Undang Sohbarudin, Kepala Dinas Pariwisata Pangandaran, menyebutkan bahwa Pangandaran banyak memiliki tempat wisata yang indah, salah satunya adalah Pantai Pangandaran yang terkenal dengan laut dan pantainya.
Wisata lain yang tidak kalah populer adalah Green Canyon yang terletak di Cijulang. Wisatawan dapat menikmati ngarai yang juga dikenal dengan warna airnya dan sekitarnya yang hijau.

 

 

 

PEMPROV AKAN PERKUAT BANDARA NUSAWIRU

Pemerintah Jawa Barat berkomitmen memberi perhatian khusus terhadap pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Pangandaran. Salah satunya mendorong penguatan Bandara Nusawiru di sebagai gerbang turis mancanegara.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengemukakan Bandara Nusawiru sedang diperkuat perannya dengan berbagai pembenahan, termasuk kerja sama dengan pihak lain, sehingga wisatawan ASEAN lewat Pulau Bintan (Kepulauan Riau) bisa langsung ke Pangandaran.
“Tahun ini Pemprov Jabar juga telah mengalokasikan lebih dari Rp80 miliar untuk penataan kawasan Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran,” kata Gubernur Ridwan Kamil kepada wartawan di Bandung pertengahan Juli lalu. Saat ini juga Pemprov sedang memproses pengajuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pangandaran. Luas KEK lebih dari 200 hektare. Investasi akan berlipat-lipat dan diprediksi bisa mengurangi pengangguran di Kabupaten Pangandaran.
Koordinator Pelaksana Bandara Nusawiru Hendra Gunawan menyatakan siap memajukan Bandara Nusawiru guna menunjang program-program Pemprov Jabar tersebut. Diprediksikan pergerakan pesawat akan terus bertambah terkait program wisata dan KEK tersebut.

Comment

BERITA TERKAIT