by

BANDARA KARUBAGA OVERLAY RUNWAY 5 CM

Kabandara Markus Roni

Kementerian Perhubungan akan melakukan pengerjaan overlay setebal lima centimeter pada runway Bandara Karubaga di tahun ini. Bandara Karubaga berada di Kabupaten Tolikara Provinsi Papua.
Penebalan landasan pacu ini dilakukan dalam rangka memaksimalkan fasilitas bandara demi meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa bandara. Selain overlay, Bandara Karubaga akan melanjutkan pengerjaan perluasan landasan pacu dan apron bandara. Lahan parkir yang sudah ada akan ditata.
“Kita sedang melakukan beberapa pekerjaan di bandara ini. Di antaranya dikerjakan di tahun 2019 ini, seperti overlay runway, meneruskan perluasan landasan pacu dan apron, serta menata kembali lahan parkir agar semakin nyaman bagi pengguna bandara,” ujar Markus Roni, Kepala Bandara Karubaga.
Kabandara Markus Roni juga menyebutkan bahwa transportasi udara di Tolikara sangat penting, mengingat jalur darat menuju dan dari Kabupaten Tolikara relatif sulit karena kondisi geografis Tolikara yang dikelilingi oleh pegunungan terjal dan jurang-jurang sempit. Kabupaten Tolikara terletak di Lembah Toli yang memiliki ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut.
Saat ini, pergerakan pesawat di Bandara Karubaga mencapai 10 kali dalam satu harinya. Landasan pacu yang masih berukuran 750 meter x 23 meter hanya memungkinkan didarati pesawat perintis seperti Susi Air, Dimonin Air, dan Pelita Air.

Comment

BERITA TERKAIT