by

BANDARA ARUNG PALAKKA RUNWAY DIPERPANJANG TAHUN 2020

Bandara Arung Palakka di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, merencanakan memperpanjang landasan pacu dari 1.200 meter x 30 meter menjadi 1.600 meter x 30 meter di tahun 2020.
Rencana peningkatan fasilitas bandara ini didukung sepenuhnya oleh pemerintah kabupaten setempat. Kabandara Arung Palakka, Sarmin, mengatakan bahwa Pemkab Bone telah mempersiapkan lahan untuk perpanjangan landasan pacu tersebut.
“Nantinya minimal pesawat jenis ATR-72 dapat masuk ke Bone. Saat ini, kami sudah ada plan untuk memperpanjang runway-nya,” ujar Sarmin. Perpanjangan ini dilakukan supaya penerbangan komersial dapat beroperasi. Sebelumnya hanya penerbangan perintis yang melayani penerbangan ke bandara tersebut.
Selain itu, Pemkab Bone juga telah membebaskan lahan untuk akses jalan ke bandara. Pemkab percaya bahwa keberadaan bandara penting bagi masyarakat Bone dan sekitarnya, dan juga berperan dalam meningkatkan sektor ekonomi maupun pariwisata Bone.
“Saya sangat mengapresiasi Pemkab Bone yang banyak membantu untuk kelancaran pembangunan Bandara Arung Palakka. Masuknya ATR-72 juga menjadi semangat Pemkab yang ingin secepatnya ada penerbangan komersial dari dan ke Bone. Kami dan Pemkab Bone bekerjasama agar hal tersebut dapat segara diwujudkan,” ujar Sarmin.
Bandara Arung Palakka terletak di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Berlokasi 13 km dari kota Kabupaten Bone, bandara ini menjadi gerbang utama transportasi udara bagi empat kabupaten di sekitarnya, yaitu Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai.

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT