by

BANDARA APT PRANOTO SAMARINDA PENCAPAIAN PNBP 2019 LAMPAUI TARGET

Kabandara Dodi Dharma Cahyadi

Pencapaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Bandara APT Pranoto Samarinda pada semester I 2019 telah melampui target yang ditetapkan ditengah semakin meningkatnya arus penumpang dan pergerakan pesawat di bandara yang menjadi gerbang udara di provinsi Kalimantan Timur tersebut.
Kepala Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Dodi Dharma Cahyadi, mengatakan bahwa pada semester I tahun ini ditetapkan PNBP bandara tersebut sebesar tujuh miliyar rupiah per tahun. “Hingga bulan Juli, PNBP Bandara APT Pranoto sudah mencapai 14 milyar rupiah, atau dua ratus persen dari yang ditargetkan tahun ini,” ujar Dodi Dharma Cahyadi kepada Majalah Bandara.
Prestasi yang diraih ini juga berkat dukungan dari masyarakat sekitar dan pemerintah daerah yang semakin menyadari pentingnya peran bandara dalam memajukan sektor ekonomi dan pariwisata bagi Samarinda dan sekitarnya. Hal ini dibuktikan dengan arus penumpang yang setiap harinya bisa mencapai 5000 orang. Jumlah ini masih dapat terus meningkat mengingat Bandara APT Pranoto kini menjadi gerbang utama dan semakin ramai menyusul dibukanya secara beruntun penerbangan langsung ke Samarinda dari sejumlah kota, seperti Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Makassar, Banjarmasin, Berau dan Balikpapan.
“Jumlahnya akan terus meningkat karena semakin banyak orang yang menggunakan transportasi udara jika ingin ke Samarinda. Dengan adanya berbagai rute langsung, akan semakin memudahkan masyarakat untuk pergi dan berangkat dari Samarinda,” ujar Dodi.
Saat ini pergerakan pesawat yang datang dan pergi sebanyak 46 kali setiap harinya. Ada berbagai maskapai, seperti Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Wings Air, Citilink, Garuda Indonesia, Nam Air, TransNusa, dan Xpress Air yang telah melayani penerbangan dari dan menuju Bandara APT Pranoto Samarinda.

Comment

BERITA TERKAIT