by

BANDARA SYUKURAN AMINUDDIN AMIR TRANSNUSA TERBANG PERDANA MAKASSAR – LUWUK

Bandara Syukuran Aminuddin Amir (SAA) semakin menjadi sorotan. Hal berikut terlihat dari dibukanya penerbangan perdana maskapai TransNusa rute Makassar-Luwuk-Makassar pada Rabu, 31 Juli 2019. Penerbangan ini beroperasi satu kali sehari, berangkat dari Makassar pukul 12.15 tiba 13.30 dan berangkat dari Luwuk pukul 14.00 tiba di Makassar 15.15.

PLT kabandara Syukuran Aminuddin Amir Alek Rudi Nainggolan bersama Staf Bandara dan Jajaran Maskapai TransNusa di Bandara Aminuddin Amir

Masuknya TransNusa menambah trafik penerbangan di Luwuk dari 14 kali menjadi 16 kali jadwal penerbangan setiap harinya. Semakin banyak pilihan bagi masyarakat untuk terbang ke dan dari Luwuk. TransNusa mengikuti jejak maskapai lainnya seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Wings Air yang sampai saat ini masih melayani penerbangan ke dan dari Luwuk.

Alek Rudi Nainggolan sebagai Plt Kabandara Syukuran Amiruddin Luwuk menyebutkan bahwa dengan adanya penerbangan ini semakin memperbanyak pilihan transportasi udara baik bagi masyarakat ataupun wisatawan yang ingin berkunjung ke Luwuk. “Tentu dengan masuknya TransNusa semakin membantu Luwuk dalam peningkatan sektor ekonomi dan pariwisata,” ujarnya.
TransNusa sendiri merupakan penerbangan swasta nasional yang berbasis di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Maskapai yang fokus di wilayah Timur Indonesia ini sedang melebarkan sayapnya dengan salah satunya membuka rute baru ke Luwuk.

Bertambahnya maskapai yang terbang ke Luwuk dapat memudahkan Luwuk dalam mengembangkan sektor perekonomian dan pariwisata. Luwuk memiliki berbagai tempat wisata yang menawan. Beberapa diantaranya adalah Bukit Kasih Sayang, Pantai Kilo 5, Air Terjun Piala, dan Pulau Dua Balantak. Seluruh tempat-tempat tersebut akan semakin mudah didatangi pelancong dengan bertambahnya jumlah penerbangan ke dan dari Luwuk.

Selain meningkatkan traffic di Luwuk, penambahan rute baru oleh TransNusa juga menambah semangat penerbangan di Bandara SAA. Bandara SAA melayani lima kabupaten lain di Banggai, yaitu Banggai, yaitu Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Touna, Morowali, dan Morowali Utara. Diharapkan pula nantinya Bandara SAA bisa menjadi penghubung untuk kabupaten serta provinsi terdekat. (PN)

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT