by

BANDARA MOROTAI PENGEMBANGAN TERMINAL SEGERA RAMPUNG

Pengelola Bandara Pitu sedang merampungkan perluasan gedung terminal penumpang dari eksisting 360 meter persegi, dikembangkan secara dua tahap menjadi 2.200 meter persegi hingga akhir tahun ini. Dengan adanya pengembangan tersebut, diharapkan pada tahun 2020 sudah dapat digunakan demi menambah daya tampung dan meningkatkan kenyamanan pengguna jasa bandara.
Dengan operasional terminal yang sudah dikembangkan, Bandara Pitu Morotai semakin siap untuk menjadi pintu gerbang pariwisata Maluku Utara, khususnya Morotai.
“Masih banyak yang mampu dikembangkan dalam bandara ini dengan adanya lahan bandara yang jauh lebih baik lagi dan bahkan dari segi lahan pun bandara ini juga mampu sebenarnya menjadi bandara Internasional.” Ujar Kabandara Pitu

Kabandara Syamsuddin Soleman

Walaupun keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia) yang menjadi kendala besar dalam berjalannya pengoptimalkan operasional, namun Kabandara yang satu ini dengan tegas dan penuh keoptimisan mengatakan “Saya yakin saat semuanya rampung bandara ini akan mampu menjadi pintu gerbang pariwisata bagi Maluku Utara khusunya Kabupaten Morotai yang masuk dalam 10 destinasi pariwisata unggulan di Maluku utara ini”.
Syamsuddin Soleman, yang merupakan kabandara pertama Bandara Pitu Morotai sejak ditetapkan sebagai bandara kelas tiga berdasarkan PM 40 tahun 2014.
Bandara Pitu juga memiliki potensi untuk ditingkatkan dari bandara kelas III menjadi kelas II dengan dimensi runway kelas I yang dimiliki oleh bandara ini yaitu 2.400 m x 45 m yang sudah diperlebar sebelumnya dari 2.400 m x 30 m.
Syamsuddin juga mengatakan bahwa pada tahun 2019 ini ada hal lain yang akan terealisasi, yaitu akses jalan bagi penumpang. Syamsuddin optimis bahwa bandara yang ikut dibesarkannya dari nol dapat lebih maju lagi. “Saya bersyukur sudah ikut mengembangkan semua fasilitas dari sisi terminal sampai sisi keamanan keselamatan penerbangan. Sekarang sudah ada tiga mobil PK, dua untuk tipe 4 dan satu tipe 5. Fasilitas ini sudah dapat mendukung penerbangan lebih besar seperti Boeing,” lanjutnya.
Bandara Pitu kini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti lampu pendaratan, pagar bandara, overlay runway. Wings Air juga sudah melayani penerbangan komersial Manado – Ternate – Morotai dengan pesawat jenis ATR-72 setiap hari sejak 27 April 2016. (PN)

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT