by

STTKD TERBANG KE KOREA SELATAN KUNJUNGI KAMPUS HANSEO UNIVERSITY

Tim Sekolah Tinggi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta, pertengahan Juni 2019, mengunjungi Hanseo University, Korea Selatan (Korsel). Mereka terdiri dari Ketua Pelaksana Harian STTKD Vidyana Mandrawaty, Sekretaris Perguruan Tinggi M Wasfan Wahyu Widodo, dan Wakil Ketua Bidang Akademik Erwhin Irmawan.
“Lawatan tim STTKD ini didukung Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. UGM menyertakan perwakilannya, Dr Djaka Marwasta, dari Department of Environmental Geography,” kata Vidyana.
Hanseo University adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Seosan, Taean, dan Namsan. Universitas ini didirikan pada 1991 dan menyediakan kursus dalam berbagai bidang seni liberal, teknik, dan desain.


Sejak berdiri, Hanseo University berkembang menjadi pesaing besar bagi universitas negeri dan swasta lainnya. Pada 2001, Hanseo mendirikan sekolah penerbangan. Empat tahun kemudian, mendirikan sekolah pelatihan pilot penerbang.
Sekolah penerbangannya, berkampus di Universitas Taean Airfield dan terakreditasi memberikan pelatihan untuk lisensi pilot pribadi dan komersil. “Jika Anda ingin menjadi pilot di Korea Selatan, maka ini adalah salah satu tujuan terbaik untuk berlatih. Sebagaimana perkembangannya Flight Education Center of Hanseo University menjadi organisasi pelatihan terbesar dan juga dikenal sebagai standar pelatihan penerbangan di Korea,” tutur Vidyana.

Lawatan tim STTKD merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Hanseo University Prof Jang Won Kweon dan Bidang Teknik Aeronautika Komputer Prof Kwon Oh Hyeong, berkunjung Kampus Disiplin STTKD di Kawasan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Menurut Vidyana, STTKD dan Hanseo University memiliki kesamaan visi, yaitu fokus pada dunia penerbangan. Dengan demikian, kedua belah pihak dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk berkontribusi besar pada dunia penerbangan.


Hal ini juga sejalan dengan roadmap STTKD yang akan merambah dunia internasional, khususnya dalam mempersiapkan tenaga penerbangan yang kompeten dan diakui oleh dunia. Kedua belah pihak juga telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk kerjasama dalam pengembangan kualitas akademik, pertukaran mahasiswa, kolaborasi penelitian, konferensi dan penelitian, serta informasi dan materi yang saling mendukung kualitas pendidikan.
“Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka bechmarking untuk pengembangan STTKD dan sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan MoU yang telah ditandatangani. STTKD optimis beberapa rencana kerjasama akan segera dapat dilaksanakan,” kata Ketua Pelaksana Harian STTKD Vidyana Mandrawaty.

Comment

BERITA TERKAIT