by

STKKD TERIMA HIBAH CESSNA WHITESKY Sepakati Kerjasama Jaminan Kerja bagi Alumni

Maskapai penerbangan carter, PT Whitesky Aviation, menghibahkan sebuah pesawat berbadan ringan, Cessna 402, kepada Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta. Hibah ini menandai adanya kerjasama kedua lembaga untuk mendukung kegiatan praktik dan pembelajaran taruna-taruni STTKD.
“Tentu saja pesawat Cessna 402 ini akan sangat berguna bagi taruna-taruna jurusan Aeronautika dan Teknik Dirgantara. Wawasan mereka akan bertambah luas dengan mempelajari dan memperbandingkan berbagai macam pesawat serta cara perawatannya,” kata Ketua STTKD Yogyakarta, Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi, saat menerima hibah pesawat tersebut, Jumat (3/5/2016).
Cessna 402 adalah sebuah pesawat bermesin piston ringan sayap rendah (low wing) yang dikeluarkan oleh pabriknya di Wichita, Kansas, Amerika Serikat (AS) mulai 1966 hingga 1985 di bawah nama Utiliner and Businessliner. “Cessna 402 itu teknologinya masih sistem engine dan bukan turbo,” kata Marsda Udin Kurniadi.

Dengan pesawat tersebut, STTKD memiliki fasilitas praktik untuk melakukan pembelajaran khusus tentang pesawat double engine system. Para taruna-taruninya kelak bisa mengambil ujian ‘lesson’ di Kementerian Perhubungan. “Sudah langka yang punya lesson sistem engine ini,” ujar Marsda Udin Kurniadi.
Hibah itu juga diikuti jalinan kerjasama. Antara lain, menjamin lulusan STTKD bisa bekerja di PT Whitesky Aviation yang berkantor di Halim Secure Building, Jalan Raya Protokol Halim Perdanakusuma, Jakarta, itu.
Bahkan, menurut Marsda Udin Kurniadi, sejak lama sudah ada alumninya yang bekerja di perusahaan penerbangan tersebut, hingga ada yang sudah mencapai level manajer. STTKD sendiri mencanangkan para lulusannya dapat mengisi posisi-posisi tenaga ahli di banyak perusahaan penerbangan dalam dan luar negeri.

Comment

BERITA TERKAIT