by

SRIWIJAYA TERBANGI KUABANG KAO Terminal Baru Menuju Pelayanan Prima

Demi meningkatkan pelayanan prima dan kenyamanan penumpang pesawat, pengelola Bandara Kuabang Kao terus bekerja keras melakukan pembenahan dan inovasi disertai kreativitas tiada henti. Hasil kerja keras itu berbuah manis. Kini terminal baru Bandara Kuabang Kao yang luasnya delapan kali lipat dari sebelumnya, siap melayani masyarakat Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.
Kepala Bandara Kuabang Kao Ristu Bintoro mengemukakan dengan adanya terminal baru ini tentu pergerakan penumpang di bandara itu menjadi lebih mudah dan lebih leluasa, sehingga penumpang pun menjadi lebih nyaman berada di bandara.

“Yang pasti terminal baru ini tertata lebih baik dan kami sebagai pengelola bandara berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya pengguna jasa bandara,” kata Kabandara kepada tim Majalah Bandara saat ditemui usai acara Soft Operation Terminal Baru Bandara Kuabang Kao pada Senin (23/5/2019).
Sekarang ini luas terminal baru Bandara Kuabang Kao mencapai 3.500 meter persegi. Sebelumnya luas terminal hanya 700 m2. Bukan sekadar bertambah luas, tetapi penampilannya juga kian cantik. Design interior semakin menarik dan ditunjang dengan fasilitas yang lebih lengkap, seperti toilet yang lebih modern dan bersih. Juga terdapat fasilitas khusus difable seperti toilet dan jalan akses difable. Ada pula ruang menyusui. Sebelumnya fasilitas difable dan ruang menyusui tidak ada di terminal lama.

Selain soft operation terminal baru, di waktu yang sama juga berlangsung seremonial penerbangan perdana Sriwijaya Air. Maskapai ini menggunakan pesawat jenis Boeing 737-500 resmi menerbangi rute Makassar – Kuabang Kao. Penerbangan perdana ini disambut antusias oleh pengelola bandara, Pemda setempat dan masyarakat Halmahera Utara.
Hadirnya penerbangan Sriwijaya Air rute Makassar – Kuabang Kao diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Halmahera Utara karena membuka aksesibilitas dan mobilitas ke daerah lain. “Kenapa kami buka rute ini? Karena Makassar merupakan gerbang dari Timur ke Barat dan dari Barat ke Timur. Dengan dibukanya rute penerbangan ini, kami berharap dapat menjadi kebanggaan masyarakat,” ungkap Kabandara
Melalui Makassar, lanjut Kabandara Ristu, masyarakat Halmahera Utara jadi lebih mudah menuju kota besar lainnya di Indonesia karena banyak pilihan penerbangan di bandara Makassar. Hal ini diharapkan pula dapat membantu perekonomian masyarakat lebih meningkat lagi.

Bandara Kuabang Kao merupakan gerbang udara utama menuju Halmahera Utara. Runway yang dimiliki bandara ini sepanjang 2.400 meter x 30 meter namun yang hanya bisa digunakan sepanjang 2.000 meter karena pada 400 meter tersebut terdapat obstacle. Rencananya tahun depan obstacle tersebut akan dihilangkan serta pengelola bandara akan melakukan pelebaran runway menjadi 45 meter.
Sementara penerbangan di bandara itu sudah dilayani oleh Wings Air rute Manado – Kuabang Kao yang terbang setiap hari sebanyak satu kali. Kehadiran Sriwijaya Air membuat movement di bandara itu pun meningkat. “Pelayanan prima terus kami tingkatkan, namun keselamatan dan keamanan penerbangan juga tetap menjadi prioritas utama kami,” tambah Kabandara.

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT