by

Kondisi Bandara Tanah Merah Meningkat Signifikan

Kepala Otoritas Bandara (Kaotban) X, Usman Effendi, kembali melakukan inspeksi ke beberapa bandara yang berada di wilayah kerjanya, Papua. Ia memantau dan melakukan inspeksi kesiapan keamanan, keselamatan, dan pelayanan di sejumlah bandara, di antaranya Bandara Tanah Merah, Bandara Oksibil, Bandara Korowai Batu, Bandara Wamena, Bandara Dekai, dan Bandara Nduga.


Pada inspeksi di pekan ketiga Mei 2019 itu, Usman kagum atas peningkatann signifikan di Bandara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel. “Peningkatannya, baik dari segi pelayanan dan fasilitas, maupun keamanan dan keselamatan penumpang,” ungkapnya.


Dua tahun yang lalu, menurut Usman, gedung terminal penumpang Bandara Tanah Merah hanya seluas 200 meter persegi, kini meningkat menjadi 600 meter persegi. Terminal bandara ini juga memiliki desain interior modern dan cukup membanggakan bagi masyarakat Boven Digoel.


Sedangkan dalam rangka meningkatkan keamanan dan keselamatan, Bandara Tanah Merah dilengkapi dengan x-ray bagasi, x-ray cabin, walk through, dan conveyor. “Meningkatnya pelayanan dan fasilitas di Bandara Tanah Merah ini juga karena peran pemda dan pengelola bandara yang terus bersinergi dalam meningkatkan pelayanan di bidang transportasi udara,” imbuh Kaotban Usman Effendi.

Terminal Bandar Udara Tanah Merah

Bandara Tanah Merah beroperasi dari pukul 07.00 WIT – 17.00 WIT. Bandara ini memiliki runway berdimensi 1.250 meter x 30 meter dan apron seluas 200 meter x 60 meter. Pergerakan pesawat di bandara ini mencapai 40 kali per hari dan 70% di antaranya angkutan udara kargo.


Sedangkan penerbangan komersil penumpang dilayani oleh maskapai Trigana Air rute Sentani – Tanah Merah – Merauke PP setiap hari menggunakan pesawat jenis ATR 42-300/500. Sementara penerbangan perintis dilayani Dimonim Air dengan pesawat C-208.


“Ada tujuh rute penerbangan perintis yang dilayani oleh Bandara Tanah Merah, di antaranya adalah Tanah Merah – Oksibil, Tanah Merah – Mangelum, Tanah Merah – Korowai Batu, Tanah Merah – Kepi,” sambung Usman.


Operator penerbangan lain yang biasa beroperasi di Bandara Tanah Merah adalah Spirit Avia Sentosa, Enggang Air Service, AMA, Smart Air, MAF, dan Carperdium air.

Comment

BERITA TERKAIT