BANDARA KEPI – PAPUA Segera Bangun Terminal Baru

Bandara di Kabupaten Mappi, Papua, terus berbenah. Pengelola melakukan peningkatan pelayanan demi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jasa bandara, di antaranya pembangunan terminal baru dengan penataan yang apik.
Kepala Bandara (Kabandara) Kepi, Drajat Perwira Jati, mengemukakan, terminal penumpang saat ini selain terlalu dekat dengan apron dan runway, juga sudah tidak dapat menampung penumpang yang terus meningkat. “Luas gedung terminal lama 120 meter persegi, sedangkan terminal baru yang akan dibangun tahun 2021 seluas 900 meter persegi,” katanya.
Sebelum melakukan pembangunan terminal baru, tahun depan akan dilakukan penimbunan lahan. Sementara tahun ini akan membangun taxiway 78,5 meter x 18 meter, apron baru seluas 100 meter x 40 meter, dan perpanjangan runway menjadi 1.200 meter x 23 meter.
“Karena bandara ini belum ada taxiway, jadi kami akan membangunnya. Sedangkan apron saat ini seluas 76 meter x 23 meter, hanya bisa menampung dua pesawat jenis Caravan. Sementara penerbangan di bandara ini cukup ramai, bahkan di waktu yang sama bisa masuk tiga pesawat,” imbuh Kabandara.
Terletak di Ibukota Kabupaten Mappi, kehadiran Bandara Kepi tidak hanya melayani masyarakat setempat, pelaku bisnis, dan perjalanan dinas pegawai pemerintah. Tetapi, bandara yang memiliki runway 1.000 meter x 23 meter itu juga menjadi hub bagi bandara sekitar Kabupaten Mappi, yakni Bandara Bade dan Bandara Senggo. Mereka yang akan melanjutkan perjalanan ke Merauke, transit terlebih dahulu di Kepi.
Untuk penerbangan perintis, bandara ini menggunakan pesawat Dimonim Air rute Tanah Merah-Kepi (Selasa dan Kamis), Timika-Kepi (Senin, Rabu, dan Jumat), Kepi-Bade minggu pertama (Selasa dan Kamis) dan minggu kedua (Senin, Rabu, dan Sabtu), serta Kepi-Senggo (Senin, Rabu, dan Sabtu). Sedangkan Susi Air melayani penerbangan reguler rute Merauke – Kepi yang terbang satu kali sehari (Senin-Sabtu).

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *